facebook twitter rss

HARGA BAWANG MERAH Setelah Sempat Turun, Kini Naik Lagi

Andhina Wulandari Sabtu, 06/04/2013 10:23 WIB
Ilustrasi/Jibiphoto
Jibiphoto
Ilustrasi

Newswire

KOTABARU--Harga bawang merah di sejumlah pasar di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, beberapa hari ini kembali naik sebesar Rp15.000 per kilogram, dari Rp45.000 menjadi Rp60.000 per kilogram.

Pedagang bawang pasar Subuh Kabupaten Kotabaru, Suparni, Sabtu (6/4), mengatakan pasokan bawang merah dari luar Kalimantan terjadi keterlambatan, akibatnya harga bawang yang semula sudah turun dari Rp65.000 per kg menjadi Rp45.000 per kg kembali naik menjadi Rp60.000 per kg.

"Tidak tahu apa yang menjadi penyebab keterlambatan distribusi bawang merah tersebut," ujarnya.

Biasanya, kata dia, bawang merah dan jenis sayur-mayur yang dijual di Kotabaru dikirim dari Pulau Jawa, Sulawesi, dan daerah lain di Indonesia.

Akibat kenaikan tersebut, Suparni dan beberapa pedagang yang lainnya menjual bawang merah menyesuaikan dengan harga yang ditetapkan distributor.

Seorang ibu rumah tangga, Ika, terkejut dengan adanya kenaikan bawang merah tersebut, karena dua minggu lalu harga bawang merah masih di kisaran Rp45.000 per kilogram.

"Biasanya uang belanja cukup untuk satu bulan," ungkapnya. Namun dengan adanya kenaikan bawang merah, dia mengaku harus mengurangi jumlah belanjanya.

Dia berharap pemerintah daerah secepatnya mencarikan solusi untuk bisa menekan harga bawang merah yang terus naik. (Antara/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR