facebook twitter rss

TOILET BERSIH Bisa Jadi Daya Saing Destinasi Wisata

Andhina Wulandari Selasa, 14/05/2013 17:58 WIB
Ilustrasi/Virtualtourist
Virtualtourist
Ilustrasi

Rio Sandy Pradana

KABAR24.COM, JAKARTA—Toilet bersih bisa membuat destinasi wisata lebih berdaya saing, sehingga perlu adanya kesadaran akan pentingnya hal ini.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim, mengatakan peningkatan mutu pelayanan toilet bersih yang ada di bandara merupakan cerminan budaya dan jatidiri masyarakat.

“Kalau tidak ada toiletnya atau terlihat kumuh kan fatal, wisman bisa enggan untuk ke sini lagi. Padahal, kami harus mempertahankan jumlah wisman. Selain mengajak orang baru, kami juga mempertahankan repeater ini ,” kata Firmansyah dalam jumpa pers, Selasa (14/5).

Kemenparekraf mengadakan kegiatan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Nasional maupun Internasional ke-4. Ini adalah tindak lanjut dari penghargaan sebelumnya, yakni Penghargaan Toilet Umum Bersih di Bandara pada 2007, 2009, dan 2011. Penghargaan akan diberikan pada 27 September 2013 bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia.

Dia menambahkan masyarakat harus paham akan esensi Sapta Pesona. Pengembangan destinasi harus mengutamakan keamanan, ketertiban, dan kebersihan. Selain itu juga kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

“Kalau kita bikin lomba seperti ini, manajemennya juga bisa terpacu meningkatkan kebersihan dan pelayanannya,” ujarnya. (JIBI/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR