facebook twitter rss

NILAI TUKAR RUPIAH Terus Melemah, Bisa Tembus Rp10 Ribu per dolar AS

Andhina Wulandari Rabu, 29/05/2013 11:25 WIB
Dolar Amerika/Jibiphoto
Jibiphoto
Dolar Amerika

Gita Arwana Cakti

KABAR24.COM, JAKARTA—Analis memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih akan melemah hingga pertengahan tahun ini dan berpotensi menyentuh Rp10 ribu jika tidak ada tindakan nyata dari pemerintah.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah hampir satu bulan terakhir ini. Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah pada pagi ini, Rabu (29/5) masih ditransaksikan melemah ke Rp9.865 per dolar AS pada pukul 10.02 WIB. Masih dari data itu juga disebutkan nilai tukar rupiah sempat menyentuh Rp9.904 per dolar AS.

Analis Multilateral/Commodity Desk PT Millenium Penata Futures Suluh Adil Wicaksono mengatakan nilai tukar dolar AS memang tidak hanya menguat terhadap rupiah, tetapi juga terhadap hampir seluruh mata uang di Asia-Pasifik.

“Tetapi, penguatan terhadap rupiah sudah sangat tinggi apalagi dalam dua hari terakhir ini. Saya melihat intervensi dari Bank Indonesia masih kurang ketat. Dan, kepastian penaikan harga BBM bersubsidi juga harus benar-benar dilaksanakan,” ujarnya, Rabu (29/5).

Dia menjelaskan jika harga BBM dinaikkan, maka itu salah satu cara untuk menguatkan rupiah. Karena, permintaan bahan bakar melemah sehingga permintaan terhadap dolar pun berkurang. Meskipun, dampak lainnya adalah inflasi yang berpotensi meningkat.

Sementara itu, untuk Bank Indonesia, salah satu cara ‘termudah’ intervensi untuk menguatkan rupiah adalah dengan menaikkan tingkat suku bunga acuan. Karena, dengan suku bunga acuan meningkat, yield juga akan naik, dan arus modal asing ke Indonesia akan bertambah.

Namun, lanjut dia, dengan naiknya acuan suku bunga maka bisa ikut menaikkan suku bunga pinjaman dan dampak lainnya.

“Pelemahan rupiah saya perkirakan akan berlanjut hingga akhir Juni atau awal Juli 2013. Jika tidak ada tindakan nyata untuk mengatasi ini, rupiah sangat bisa menyentuh Rp10 ribu pada Juni 2013,” paparnya.

Meskipun demikian, dia cukup optimistis pemerintah akan berupaya mengatasi pelemahan rupiah agar tidak terus terjadi melihat DPR dan pemerintah telah menyepakati asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada level Rp9.600 dalam RAPBN-P 2013, semalam.

“Jadi, nilai tukar rupiah akan dijaga tidak jauh dari asumsi nilai tukar dalam RAPBN-P 2013. Hanya saja, gerakan untuk mengantisipasi pelemahan rupiah memang harus segera dilakukan,” ungkapnya. (JIBI/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR