facebook twitter rss

KURIKULUM 2013: Pramuka Ekstrakurikuler Wajib, Ini Penjelasan Mendikbud

Nancy Junita Rabu, 03/04/2013 07:14 WIB
Pramuka/Antara
Antara
Pramuka

Newswire

JAKARTA— Mendikbud Muhammad Nuh menjelaskan tiga hal terkait kurikulum terbaru.

Menurut dia,  akan dibuat segitiga utuh yaitu kurikuler, ekstrakurikuler, dan ko-kurikuler.

“Yang kita bangun di dalam Kurikulum 2013 ini segitiga utuh, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap,” tegas Mendikbud dalam konperensi pers seusai Rapat Terbatas Kabinet di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/4) petang.

Diingatkan Mendikbud, membangun sikap tidak bisa dilakukan hanya di dalam kelas tetapi dibentuk melalui ekstrakurikuler dan ko-kurikuler. Untuk itulah, lanjut Mendikbud, Pramuka adalah salah satu kegiatan yang diwajibkan dalam ekstrakurikuler.

“Pramuka mengajarkan nilai leadership, kebersamaan, dan sudah menjadi bukan hanya fenomena Indonesia tetapi juga dunia,” katanya.

 “Yang jelas kurikulum ini kurikulum yang ngganteng (bagus) baik dari sisi konsep sampai sisi isinya.”

Dalam situs www.kemdiknas.go.id, Mendikbud membantah anggapan  jika Kurikulum 2013 diterapkan akan ada penghapusan beberapa mata pelajaran. Menrutnya, tidak ada penghapusan mata pelajaran, yang ada hanya pengintegrasian mata pelajaran.

“Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD) diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Pengintegrasian ini dilakukan karena penting, serta menyesuaikan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat,” kata Nuh

Menurutnya, hadirnya kurikulum baru bukan berarti kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

“Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013,” ujarnya lagi. (Antara/nj)

 

Editor: Nancy Junita

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR

comments powered by Disqus