facebook twitter rss

UN 2013: 42 Sekolah di Sumbar Kekurangan Soal Ujian

Saeno Senin, 15/04/2013 16:35 WIB
Ilustrasi-Siswa SMU/Antara
Antara
Ilustrasi-Siswa SMU

Newswire

KABAR24.COM, PADANG -- Hari pertama Ujian Nasional diwarnai sejumlah masalah, termasuk kurangnya naskah ujian.

Sebanyak 42 sekolah di Sumatera Barat kekurangan soal ujian nasional dan naskah UN bidang studi bahasa Indonesia, demikian Ketua Tim Utama Pelaksana UN Sumbar, Werry Darta Taifur.

"Pelaksanaan UN tingkat SMA pada hari pertama terdapat 42 sekolah yang mengalami kekurangan soal ujian," kata Werry, Senin (15/4).

Menurut dia, kekurangan soal ujian tersebut telah diatasi oleh pihak sekolah dengan cara digandakan sesuai dengan kebutuhan soal ujian untuk diberikan kepada siswa nanti saat ujian dilakukan.

"Sesuai instruksi pusat jika terdapat kekurangan soal, maka harus difoto copy dan penggandaan harus dilakukan di sekolah yang bersangkutan, asalkan dibuat laporan lengkap," ujar dia.

Jika tidak bisa diatasi maka siswa boleh ikut ujian susulan. "Namun, hingga saat ini, belum ada laporan siswa untuk mengikuti UN susulan,"jelas Werry.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Indang Dewata mengakui ada kekurangan soal ujian pada hari pertama pelaksanan UN di Padang untuk tingkat SMA atau sederajat.

"Berdasarkan data yang diperoleh kekurangan ada sekitar 239 soal ujian yakni soal Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris," kata Indang.

"Di Padang yang mengalami kekurangan soal di antaranya di SMK 3, SMK Kartika 1 dan 2, SMK 6, SMK Kosgoro, MAN 2 Padang," lanjutnya.

Kekurangan soal ujian tersebut diperkirakan akibat dari tidak lancarnya proses pendistribusian soal dari pusat ke provinsi. (Antara/sae)

Editor: Saeno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR

comments powered by Disqus