facebook twitter rss

PENGUMUMAN UJIAN NASIONAL 2013: Bukittinggi Umumkan Sore Hari Via Web Sekolah

Saeno Jum'at, 24/05/2013 09:24 WIB
Ilustrasi-ujian nasional/Jibiphoto
Jibiphoto
Ilustrasi-ujian nasional

Newswire

PENGUMUMAN UJIAN NASIONAL 2013: Bukittinggi Umumkan Sore Hari Via Web Sekolah

KABAR24.COM, BUKITTINGGI - Konvoi dan luapan kegembiraan berlebihan dari para siswa yang lulus UN menjadi perhatian seluruh pemerintah daerah.

Di Bukittinggi, Sumatera Barat, Pemerintah Kota memutuskan untuk mengumumkan hasil ujian nasional tingkat SMA dan sederajat melalui internet.

"Hasil ujian nasional dapat dilihat di web sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Ellia Makmur didampingi Kepala Bidang SMP dan SMA Asmara di Bukittiggi, Jumat (24/5).

Ia menyebutkan, pengumuman melalui internet bertujuan untuk menghindari konvoi kendaraan para siswa dan mencegah aksi yang dapat merugikan orang lain.

Menurut dia, pengumuman melalui internet tersebut dapat mempermudah siswa dalam mendapatkan informasi kelulusan.

Dia menyebutkan, pengumuman hasil ujian nasional melalui internet tersebut akan dilakukan pada Jumat sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Pengumuman sengaja dilakukan pada sore hari itu guna menghindari konvoi kendaraan para siswa dan mencegah aksi anarkis lainnya," kata dia.

Ellia mengatakan, jika pengumuman dilakukan sore hari, maka waktu bagi siswa untuk melakukan konvoi kendaraan akan semakin sedikit, karena setelah diumumkan hari sudah mulai senja.

Pengalaman yang pernah terjadi, setelah pengumuman hasil ujian nasional para siswa kebanyakan melakukan aksi konvoi kendaraan serta coret-coret baju seragam sekolah.

Sehingga, kata dia, dari aksi yang dilakukan para siswa tersebut telah mengganggu atau merugikan orang lain, seperti kemacetan di jalan raya akibat konvoi kendaraan mereka lakukan.

"Belajar dari pengalaman tersebut, maka sekolah diminta untuk tidak mengumumkan hasil ujian nasional di sekolah," kata dia.

Ellia menyebutkan, pengumuman hasil ujian nasional melalui internet yang dapat dilihat di web sekolah tahun lalu juga telah dilakukan.

"Pengumuman hasil ujian nasional melalui internet di tahun lalu berhasil menekan aksi coret-coret baju dan konvoi kendaraan para siswa," kata dia.

Untuk mencegah aksi coretan baju, pihaknya telah menginstruksikan kepada sekolah supaya melarang siswa melakukan aksi coret-coretan bagi siswa. (Antara/sae)

Editor: Saeno

KOMENTAR

comments powered by Disqus