facebook twitter rss

PENGUMUMAN UJIAN NASIONAL 2013: Persentase Kelulusan Tinggi, tapi Mutu Pendidikan Rendah

Nancy Junita Jum'at, 24/05/2013 15:23 WIB
Ilustrasi UN/Antara
Antara
Ilustrasi UN

Newswire

KABAR24.COM, JAKARTA— Meski tingkat kelulusan UN  SMA dan SMK mencapai 99 persen, namun kualitas dan mutu pendidikan masih rendah.

Hal itu bisa dilihat dari nilai rata-rata ujian UN 2013 yang jauh turun dibanding nilai rata-rata UN 2012.

"Saya melihat, tidak ada peningkatan mutu pendidikan kita. Apalagi kalau dilihat dari hasil nilai rata-rata murni UN SMA hanya mencapai 6,35, jauh lebih rendah dari tahun lalu, yakni 7,57, ebih kecil dari tahun lalu.  Berarti terjadi penurunan kualitas pendidikan," kata anggota Komisi IX DPR Zulfadhli di Jakarta, Jumat (24/5).

Dikatakan, tingginya tingkat kelulusan siswa pada UN 2013, diwarnai adanya sekolah yang murid-muridnya tidak lulus 100 persen.

"Yang lebih ironis lagi terdapat 24 sekolah yang 100% tidak lulus. Kemendikbud harus segera mengevaluasi hasil UN secara komprehensif dan melakukan intervensi kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan menengah," ujar politisi Partai Golkar itu. (Antara/nj)

Editor: Nancy Junita

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR

comments powered by Disqus