facebook twitter rss

PENGUMUMAN UN SMP 2013: Jatim Urutan Kelima, Kelulusan Naik

Eries Adlin Jum'at, 31/05/2013 22:31 WIB
Ilustrasi/pnfisemarang.blogspot.com
pnfisemarang.blogspot.com
Ilustrasi

Newswire

KABAR24.COM, SURABAYA--Provinsi Jawa Timur meraih peringkat kelima dalam ujian nasional (UN) tahun 2013 untuk tingkat SMP/MTs, bahkan jumlah kelulusan meningkat dari 99,84 persen pada tahun lalu menjadi 99,92 persen pada tahun ini. Pengumuman UN SMP 2013 akan dilakukan Sabtu (1/6).

"Dari 12 parameter secara nasional, Jawa Timur menempati peringkat kelima. Tidak hanya itu, Jatim juga ada peningkatan kelulusan. Ini sangat membanggakan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun di Surabaya, Jumat (31/5).

Peringkat provinsi sesuai rata-rata nilai UN adalah DKI Jakarta 7,50; Sumatera Utara 7,10; Sumatera Selatan 6,75; Papua Barat 6,67; Jatim 6,61; Kalimantan Tengah 6,55; dan Bali 6,45.

Untuk nilai siswa dengan nilai UN tertinggi secara nasional, siswa Jatim meraih peringkat kelima yakni Shofiya Qurotul A`yuni dari MTsN I Kota Malang dengan nilai 9,85.

Sementara untuk nilai SMP secara nasional dengan nilai tertinggi untuk Jawa Timur menempati urutan keempat secara nasional yang diraih SMPN I Lamongan dengan nilai 9.06.

Dalam peringkat "10 besar" secara nasional, Jatim menempatkan tiga sekolah yakni SMPN I Lamongan pada peringkat keempat, lalu SMPN I Tanjungbumi Bangkalan pada peringkat kelima, dan SMPN I Surabaya pada peringkat ke-10.

Selain itu, nilai kejujuran SMP/MTS se-Indonesia untuk Jatim dicapai oleh SMP Nurul Ulum, Kabupaten Sampang dengan nilai UN 8,76 dan nilai ujian sekolah 7,69, sehingga selisih tidak terpaut jauh.

Saat dikonfirmasi tentang peringkat SMPN I Surabaya, Kepala Sekolah SMPN I Surabaya Mochtar menyambut bangga atas apresiasi kelulusan siswanya.

"Saya bangga dengan pencapaian ini karena ini menunjukkan contoh bagi sekolah lain di Surabaya," ujarnya di sela-sela pertemuan di Kantor Dinas Pendidikan Jatim.

Editor: Eries Adlin

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR

comments powered by Disqus