facebook twitter rss

PENERIMAAN SISWA BARU: Daftar Online di Sukabumi 23-30 Juni 2013

Nancy Junita Jum'at, 07/06/2013 15:02 WIB
Ilustrasi-Siswa Sekolah/Jibiphoto
Jibiphoto
Ilustrasi-Siswa Sekolah

Newswire

KABAR24.COM, SUKABUMI— Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru secara online mulai 23 sampai 30 Juni.

"PPDB online ini akan diikuti sebanyak 25 sekolah yang berstatus negeri dengan rincian sebanyak 16 SMP, lima SMA dan empat SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Ayep Supriatna, Jumat (7/6).

Menurut  dia, walaupun baru dua tahun PPDB ini dilaksanakan dan masih ada beberapa kekurangan yang tengah diperbaiki, melalui sistem pendaftaran online bertujuan mempermudah orang tua siswa yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuan, tanpa harus bolak-balik ke sekolah.

Selain itu, dengan PPDB online mencegah kecurangan dalam proses penerimaan murid baru di sekolah-sekolah tujuan, karena akan terlihat pelajar yang layak masuk ke sekolah negeri.

"Dengan sistem pendaftaran secara online ini juga untuk mencegah adanya oknum calo pada saat PPDB ini dan mencegah adanya pelajar titipan di sekolah manapun," tambahnya.

Ayep mengatakan untuk kelancaran proses PPDB online seluruh SMP, SMA dan SMK Negeri di Kota Sukabumi, sudah dilengkapi fasilitas online, bekerjasama dengan PT Telkom Sukabumi.

Proses PPDB secara online ini, hanya berlaku bagi calon siswa yang sekolah di Kota Sukabumi.

Untuk itu, calon siswa yang berasal dari luar Kota Sukabumi, agar mendatangi secara langsung ke sekolah yang dituju masing-masing dengan cara mengisi formulir secara online yang disediakan oleh pihak sekolah.

"Kami tetap akan mementingkan pelajar dari Kota Sukabumi yang akan melanjutkan sekolah," kata Ayep.

Di sisi lain, proses PPDB secara online pada tahun ajaran 2012-2013 yang dilaksanakan di seluruh jenjang pendidikan dari SMP sampai SMA sederajat pada umumnya berjalan lancar.

Namun demikian, proses PPDB secara online masih memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan yang terus dalam perbaikan. (Antara/nj)

Editor: Nancy Junita

KOMENTAR

comments powered by Disqus