facebook twitter rss

Bank Embrio: Di Sini Tempatnya Anda Bisa Pilih-pilih Bayi Jenius

Happy Ferdian Rabu, 15/01/2014 14:08 WIB
Ilustrasi/dailymail.co.uk
dailymail.co.uk
Ilustrasi

Kabar24.com, SHENZEN—Lembaga riset swasta di Kota Shenzen, China, mengklaim bahwa sedikit lagi pihaknya akan mampu menyediakan layanan pemilihan embrio bagi para orangtua di Negeri Tirai Bambu tersebut.

BGI, nama lembaga riset swasta tersebut, percaya bahwa sebanyak 50 hingga 80 persen turunan identik dari embrio dengan IQ unggul dapat dilahirkan dari beragam rahim.

Saat ini, BGI tengah memetakan gen-gen dengan kemampuan jenius dan mengisolasinya di laboratorium khusus. Maksud pengisolasian tersebut untuk meneliti rahasia di balik kehadiran gen-gen jenius dan mengklasifikasikannya berdasarkan keunggulan yang berbeda satu sama lain.

Sebanyak dua ribu contoh DNA unggul telah berhasil dikumpulkan oleh lembaga yang dulunya bernama Beijing Genomics Institute ini, dan menjadikannya sebagai lembaga riset genetik terbesar di dunia. 

Secara teoritikal, hasil penelitian ini nantinya akan dapat digunakan oleh para orangtua untuk memilih 'embrio pintar' sebelum benar-benar masuk ke dalam kandungan.

Bahkan, salah satu divisi di BGI sudah mulai menyediakan jasa layanan tes genetik guna melakukan penyaringan gen-gen unggul dari masing-masing pasangan.

Hal ini sejalan dengan hal yang dipercaya oleh para peneliti bahwa setiap anak menyimpan angka IQ sebesar 13 poin dari gabungan gen kedua orangtuanya.

Jika salah satu atau bahkan kedua orangtua memiliki IQ tinggi, maka sang anak kemungkinan besar akan mendapat turunan gen unggul tersebut.

"Sayangnya hanya dua atau tiga individu per seratus anak yang benar-benar lahir dengan tingkat intelegensia tinggi secara alami," ujar Stephen Hsu, salah satu peneliti di BGI.

Inilah yang mendasari penelitian yang dilakukan BGI, di mana nantinya lembaga tersebut memiliki semaca bank embrio yang berisi cangkokan gen-gen unggul.

Para orangtua pun dapat memilih kumpulan DNA unggulan tersebut untuk dijadikan layaknya implan di dalam embrio  yang dikandung. Secara tidak langsung hal ini berkaitan dengan definisi bayi tabung. 

Mungkin subjek penelitian ini cukup kontroversial di tingkat dunia karena menunjukkan secara gamblang mengenai 'industrialisasi' gen-gen unggulan. Terlebih lagi hal tersebut, dilihat dari sudut pandang agama dan kemanusiaan, dianggap menyalahi kodrat yakni manusia menciptakan manusia sesuai kehendaknya sendiri. 

Meski dianggap kontrovesial, namun pemerintah China mendukung proyek tersebut dengan memberi bantuan dana kepada BGI sebesar 1,5 juta miliar dolar AS (sekitar Rp18,1 triliun) yang disalurkan bertahap melalui Bank Pembangunan China.

Bahkan berhembus kabar bahwa kelak pemerintah China akan mengimplementasikan hasil penelitian tersebut ke layanan kesehatan nasionalnya. (Kabar24.com/dailymail.co.uk)

BACA JUGA:

Gara-gara Salah Diet, King Kong pun Punah

Berhubungan Intim Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR

comments powered by Disqus