facebook twitter rss

PAMERAN FOTOGRAFI: Hadirkan Kekayaan Cagar Budaya di Indonesia

Andhina Wulandari Rabu, 12/12/2012 08:42 WIB
Pameran Fotografi Cagar Budaya di Indonesia/Kabar24/Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh
Pameran Fotografi Cagar Budaya di Indonesia/Kabar24

Rahmayulis Saleh

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Pameran Fotografi Cagar Budaya dalam Kearifan Lokal, yang berlangsung di Galeri Nasional Jakarta pada 11-20 Desember.

Foto-foto yang dipamerkan tersebut adalah hasil karya para jurnalis dan masyarakat umum yang mengikuti lomba foto cagar budaya yang diadakan pada 1-30 November 2012.

Surya Helmi, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, mengatakan lomba fotografi tersebut diikuti oleh 881 peserta, dari kalangan wartawan dan masyarakat umum.

“Secara keseluruhan telah terkumpul sebanyak 2.648 foto. Berdasarkan rapat dewan juri, telah ditentukan 5 orang pemenang dari kategori umum dan kategori jurnalis,” ujarnya Selasa (11/12) di Jakarta usai membuka pameran tersebut.

Surya menjelaskan lomba dan pameran fotografi ini, merupakan upaya Kemendikbud untuk mengapresiasi masyarakat yang turut mendokumentasikan, dan memelihara cagar budaya Indonesia. “Foto-foto yang diterima luar biasa dan mencerminkan kekayaan cagar budaya di Indonesia,” lanjutnya.

Tujuan dari lomba dan pameran fotografi cagar budaya ini, tambahnya, agar masyarakat bisa memetik nilai-nilai luhur dari kearifan lokal yang terkandung dalam cagar budaya Indonesia.

“Nilai-nilai luhur itulah yang mencerminkan jati diri kita yang sesungguhnya sebagai bangsa yang besar. Masyarakat juga dapat mengetahui, mengapresiasi, menghargai, dan mencintai cagar budaya milik bangsa Indonesia ini,” ungkap Surya.

Pameran foto cagar budaya ini menampilkan sebanyak 300 unit foto dari 100 orang fotografer.

Surya menambahkan Lomba Fotografi Cagar Budaya dalam Kearifan Lokal 2012 ini, dimenangkan Rafly Rinaldi dari kategori masyarakat umum, seorang karyawan swasta dengan judul foto Menuju ke Pura Diiringi Bebek.

Sedangkan dari kategori jurnalis, diraih oleh Nyoman Budhiana, fotografer LKBN Antara Biro Bali. Dia memberi judul karya fotonya Pancuran Tirta Empul. (Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR