facebook twitter rss

SUSU UHT: Sehat dan Kandungan Gizi Alaminya Lengkap

Rabu, 24/10/2012 13:40 WIB
Para pembicara, minum susu bersama/Kabar24/Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh
Para pembicara, minum susu bersama/Kabar24

Rahmayulis Saleh

JAKARTA-- Banyaknya jenis susu yang beredar di pasaran, membuat orangtua sering merasa dilema memilih susu yang tepat. Ditambah, pesatnya perkembangan industri susu membuat pilihan merk semakin beragam.

Lantas, bagaiamana cara orangtua memilih susu yang tepat?

Salah satu susu yang beredar di pasaran adalah susu yang diproses dengan menggunakan teknologi UHT (ultra high temperature). Ini adalah jenis susu cair yang diolah dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi dalam waktu yang singkat (140 derajat Celcius selama 4 detik).

Tujuannya untuk membunuh seluruh mikrooganisme, baik pembusuk maupun patogen dan spora, serta mencegah kerusakan nilai gizi susu.

"Susu UHT adalah minuman yang sehat dengan kandungan gizi alami yang lengkap," kata Prof. Purwiyatno Hariyadi, Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center.

Hal tersebut dikemukannya dalam seminar Perkembangan Teknologi Pengolahan Susu untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak yang diadakan oleh Tetra Park di Jakarta, Rabu (24/10).

Menurut Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Tenologi Pertanian IPB Bogor ini, proses pengolahan susu dengan sisitem UHT, merupakan teknologi paling efektif dalam membunuh mikroba maupun bakteri bahaya.

"Susu cair UHT mengandung berbagai zat gizi dalam jumlah dan komposisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh, aman dikonsumsi, dan tanpa perlu bahan pengawet," tambahnya.

Sementara itu Dokter Yoga Devaera, dari Divisi Nutisi & Penyakit Metabolik, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM, mengatakan setelah anak berusia satu tahun ke atas, ASI hanya memenuhi 30% kebutuhan gizi.

"Pada tahap usia ini, makanan utama anak adalah makanan padat dan susu merupakan pelengkap bagi tumbuh kembang anak. Untuk itu orangtua perlu mencermati pilihan susu yang tepat, yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan anak saat ini," tambahnya.

Bagi anak yang tidak bermasalah dengan kesehatan, lanjutnya, dan memiliki kebiasaan makan yang baik, maka peran susu adalah sebagai sumber kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang.

"Susu wholemilk atau produk turunannya secara alami, merupakan sumber kalsium yang baik, selain juga sebagai sumber protein," ungkap Yoga. (Kabar24/nel)

Editor:

KOMENTAR

comments powered by Disqus