facebook twitter rss

6 PERTANYAAN SEKS (Lagi): Fakta atau Mitos?

Selasa, 20/11/2012 00:16 WIB
ilustrasi/web
web
ilustrasi

Aurelia Nelly

Anda masih menyimpan beberapa pertanyaan di kepala seputar seks?

Beberapa penjabaran berikut mengenai mitos dan fakta seputar seks mungkin akan menjawab rasa penasaran Anda. Berpasangan atau tidak, tak ada ruginya Anda tahu!

  • Penis Dapat Patah

Fakta! Penis memang tidak bertulang, tetapi penis dapat cedera, sering disebut 'patah' atau 'retak', dan sangat menyakitkan! Seks yang terlalu 'heboh' atau penis mengalami perubahan posisi mendadak menyebabkan penis yang tengah penuh dengan darah selama ereksi, corpus cavernosa, patah dan retak.

"Penis yang memar dan bengkak akibat peristiwa tersebut membutuhkan tindakan operasi untuk mengobatinya," ujar Roshini Raj, M.D., penulis buku What the Yuck?! The Freaky and Fabulous Truth About Your Body.

  • Kondom Bocor Selalu Bisa Diketahui

Mitos! Ada banyak sebab kondom bisa bocor, salah satunya adalah tidak cukupnya lubrikasi saat pentrasi. Hal tersebut dapat merobek kondom dan menciptakan lubang yang tidak bisa Anda sadari.

"Bukan hanya lubang kecil, lubang cukup besar, yang seharusnya bisa Anda sadari, pun bisa tidak terlihat. Cara menyimpan, seperti dalam dompet, juga dapat merusak kondom tanpa Anda sadari," ujar Raj. 

Oleh karena itu, simpan kondom dalam tempat kering dan sejuk. Tempat panas dan cahaya bisa memperbesar risiko rusaknya kondom.

  • Wanita Tak Dapat Hamil Selama Menyusui

Fakta! Selama enam bulan pertama, menyusui bayi adalah kegiatan yang tidak tergantikan bagi wanita. Selama itu, wanita tidak mengalami menstruasi. Akan tetapi, disarankan suami tetap menggunakan kondom selama tahun pertama melahirkan untuk menghindari kehamilan dengan jarak terlalu dekat.

"Selama menyusui, hormon wanita tidak bekerja untuk berovulasi. Akan tetapi, dua minggu sebelum mentruasi pertama wanita setelah melahirkan, ovulasi bisa terjadi tanpa Anda sadari. Anda pun dapat hamil bila berhubungan seks pas masa ini," ujar Raj.

  • Ada Alergi Cairan Semen

Fakta! Seseorang bisa saja alergi terhadap cairan semen atau air mani. Seperti alergi pada umumnya, reaksi yang timbul bisa berupa ruam, bengkak, sampai tersumbatnya saluran nafas. Jangan pernah lupa menggunakan kondom bila pasangan alergi terhadap air mani Anda. Jika Anda berencana punya anak, kunjungi dokter ahli untuk melakukan perawatan alergi dan mengetes sejauh mana toleransi alergi pasangan Anda. Anda juga selalu bisa memiilih jalan inseminasi atau IVF untuk mendapatkan anak.

  • Lebar Telapak Tangan atau Kaki Menentukan Ukuran Penis

Mitos! Pernyataan ini hanya mitos. Kaki kecil hanya menunjukkan kenyataan kakinya memang kecil, tak ada hubungannya dengan penis.

"Sekelompok urolog (ahli kelamin pria) melakukan penelitian dan mengukur kaki dan penis beberapa pria dan menemukan hasil tak ada korelasi antara keduanya," ujar Raj. 

  • Tidak Ereksi = Tidak Cinta

Mitos! Ada banyak sebab pria tidak bisa ereksi saat bermesraan dengan pasangannya, tapi bukan berarti dia tidak sungguh-sungguh mencintai pasangannya.

"Pasangan Anda bisa saja sangat antusias ingin memuaskan Anda sehingga justru membuatnya gugup saat akan beraksi karena banyak khawatir," ujar Raj.

Joel Block, Ph.D., seorang psikolog dan terapis seks juga mengatakan penyebab utama kegagalan ereksi pada pria adalah 'berusaha terlalu keras'. Karenanya, perasaan santai dan nyaman harus diciptakan untuk mendapatkan kepuasan bercinta. (iVillage/Galtime/nel)

Editor:

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR

comments powered by Disqus