facebook twitter rss

TIPS SEHAT RAMADAN

Cara Sehat Saat Puasa Bagi Ibu Hamil

Rahmayulis Saleh Jum'at, 05/07/2013 11:23 WIB
Ilustrasi/Telegraph
Telegraph
Ilustrasi

KABAR24.COM, JAKARTA--Berpuasa di bulan Ramadan adalah ibadah wajib bagi umat Islam. Namun, dalam keadaan tertentu seseorang dapat tidak melakukan puasa, karena kondisi fisiknya. Seperti wanita hamil, dan mereka yang sudah lanjut usia.

Bila mereka ingin tetap berpuasa tidak ada larangan, asal pengaturan asupan nutrisinya mendapat perhatian khusus.

“Terutama bagi wanita yang tengah mengandung. Bila dia mengalami gangguan seperti sering pusing, rasa mual, berkeringat dingin, dan keluhan lainnya, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berpuasa,” kata Dokter Taufik Jamaan, dalam diskusi publik Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan, yang diselenggarakan Ikatan Doker Indonesia di Jakarta.

Dia menuturkan kehamilan merupakan suatu proses alamiah pada perempuan. Saat hamil terjadi perubahan seluruh sistem tubuh, untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Asupan gizi selama kehamilan dan menyusui penting untuk membentuk jaringan baru pada ibu, (pertumbuhan rahim, plasenta, dan payudara), serta untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental janin.

Menurut dia, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin sebanyak 40 persen dan 60 persen lagi untuk pertumbuhan si ibu.

Menurut pakar kebidanan dan kandungan dari RS Bunda Jakarta ini, perempuan hamil, apalagi yang memasuki usia kandungan tiga bulan pertama, sering mengalami gangguan kesehatan. Misalnya perut terasa kembung dan asam lambung meningkat. Keluhan lainnya gusi menjadi lunak, bengkak, dan mudah berdarah.

Perempuan hamil yang kuat, boleh saja berpusa. Tapi ada syaratnya. Yaitu menjaga asupan nutrisi yang cukup terutama bagi janin, jangan sampai kekurangan gizi. Tubuh dalam keadaan sehat, dan memperhatikan asupan gizi saat berbuka puasa dan sahur.

Taufik menuturkan pola makan selama hamil akan menentukan jabang bayinya, terutama untuk kesehatan dan kecerdasan. “Jadi, ibu hamil harus memenuhi asupan nutrisi yang sehar, apalagi ketika berpuasa," jelasnya lagi.

Dalam menu makanan sehari-hari, harus ada asupan gizi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Juga gizi mikro seperti mineral dan vitamin.

Berikut beberapa tips bagi perempuan hamil yang tetap ingin menjalakan ibadah puasa:

- Minum air putih minimal 2 liter atau sekitar 10-12 gelas sehari. Ibu hamil membutuhkan cairan lebih besar dari biasanya. Kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi metabolisme tubuhnya. Cara mengonsumsinya dibagi antara berbuka, makan malam, dan saat sahur.

- Banyak mengonsumsi makanan berserat dan berprotein. Misalnya sayur dan buah-buahan.

- Dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, agar tubuh tidak lemas pada siang hari.

- Jangan lupa untuk minum suplemen yang berisi berbagai vitamin dan mineral. (Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR

comments powered by Disqus