facebook twitter rss

HTC ONE VS GALAXY S4: Ini Kelebihan & Kekurangannya

Nancy Junita Jum'at, 15/03/2013 23:54 WIB
Galaxy S4/cnet
cnet
Galaxy S4

Ria Indhryani

BANDUNG— Presiden HTC Jason MacKenzie merespons dingin atas rilis teknologi gadget terbaru Galaxy S4.

Hal ini membuat sebagian orang bertanya-tanya akan kelebihan teknologi HTC One dibanding smartphone milik Samsung tersebut.

Berikut ini perbandingan Samsung dengan HTC One pada beberapa hal yang terlihat dominan:

1. Desain Dan Layar

Dari sisi desain, HTC menggunakan materi full metal yang memberikan sentuhan elegan pada perangkat yang memiliki ketebalan hanya 9,3mm. Layar sentuh berteknologi Super LCD3 berukuran 4.7inci, resolusi 1080 piksel dengan kepadatan warna 469 piksel per inchi, menggunakan kaca Gorilla Glass 2, berat 143 gr.

Berbeda dengan HTC, Samsung masih menggunakan bahan plastik, sama seperti ponsel pintar Samsung sebelumnya – Galaxy S3. Bagian samping terbuat dari bahan aluminium namun bagian belakang masih dibuat dari plastik. Ketebalannya hanya 7,9mm dengan layar sentuh Super AMOLED 4,99 inci, resolusi 1920×1080 (full-HD), 441 ppi, dilapis Corning Gorilla Glass 3 dan memiliki berat yang lebih ringan dari HTC yaitu 130gr.

2. Prosesor

HTC mengadapatasi prosesor quadcore APQ8064T Snapdragon 600 dengan kekuatan 1.7GHz milik Qualcomm dan grafis Adreno 320. Dapur pacu ini tentu akan memperkuat proses untuk menjalankan fitur multimedia dan aplikasi, apalagi disertai dengan RAM DDR2 2 GB. Selain menggunakan chipset terbaru, sistem operasi terkini Android 4.1.2 Jelly Bean pun juga digunakan dalam HTC One.

Untuk Samsung Galaxy S 4, dia menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Exynos 5 Octa 5410 dengan energy quad-core 1,6 GHz Cortex-A15 + quad core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU PowerVR SGX 544MP3. Untuk daerah pemasaran Amerika Serikat processor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon S4 Pro (quad core 1,9 GHz) yang sudah mendukung LTE. OS yang digunakan Jelly Bean terbaru 4.2.

3. Kamera

Ini merupakan fitur unggulan HTC One yang sudah menggunakan teknologi ultrapiksel dengan kekuatan 4MP, 2688×1520 piksel. Teknologi ini juga mendapatkan dukungan sensor 1/3 inci, aperture f2.0 dan lensa 28mm. Kamera memiliki kemampuan rekam video dan membidik objek secara simultan. Sedangkan kamera depan memiliki sensor 2.1 MP dengan lensa 88 derajat wide angle. Tampilan koleksi foto terasa lebih hidup dengan HTC Zoe Highlights dan HTC Zoe Share. Koleksi foto ditampilkan layaknya tampilan ‘live tile’ pada Windows Phone.

Sedangkan pada Samsung Galaxy S 4 sendiri memiliki kekuatan 13 megapixel f/2.2, dengan autofokus dan LED flash, sedangkan untuk kamera depan memiliki spesifikasi 2 megapixel, mampu merekam video 1080p, 30 FPS.

Dengan fitur canggih mampu melakukan dual shoot, Eraser Shot (fitur anti-photo bomber yang akan mengambil banyak foto sekaligus, lalu menghapus foto di mana terdeteksi ada gerakan) dan drama Shot (mengambil foto dalam mode Burst lalu mengombinasikan mereka dalam satu frame, mirip stroboscopic flash)

Perbedaan diatas jelas semakin menegaskan bahwa teknologi Samsung Galaxy S 4 memiliki teknologi tingkat tinggi yang belum dimiliki oleh HTC One. (JIBI/nj)

 

Editor: Nancy Junita

KOMENTAR