facebook twitter rss

ATURAN MENGKRITIK: 6 Cara Menyampaikan Pesan dengan Sopan

Andhina Wulandari Rabu, 12/12/2012 12:06 WIB
Ilustrasi/Ehow
Ehow
Ilustrasi

Andhina Wulandari

Kritikan yang positif sebaiknya dilakukan dengan cara yang lembut dan sopan, tanpa terkesan menyerang.

Saat di kantor, rumah, maupun pergaulan dengan teman-teman, ada beberapa cara mengkritik yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Buku Pintar Etiket Untuk Remaja karya Mien R. Uno.

1. Jangan mengkritik di depan umum, sebaiknya lakukan di tempat khusus di mana hanya ada Anda dan orang yang ingin Anda kritik. Hal ini agar orang yang dikritik tidak merasa dirinya dipermalukan.

2. Pilih kata-kata sopan, karena setiap kritik rasanya memang menyakitkan. Tapi supaya terdengar lebih santun, fokus pada pemilihan kata yang tidak kasar, terkesan menggurui, atau merendahkan orang lain. Tunjukkan bahwa kita ingin agar dia menjadi lebih baik, bukan ingin menyerang pribadinya.

3. Minta izin dulu sebelum mengkritik dan tunjukkan manfaat apa yang akan diperoleh jika perilaku berubah.

4. Berikan alasan yang jelas, jangan asal memberi kritik. Tapi kritikan Anda juga harus didasari dengan fakta dan bukti-bukti yang akurat. Kalau tidak, kritik Anda justru bisa menjurus ke arah fitnah.

5. Bila masalahnya sepele, tidak merugikan siapa pun dan berpengaruh pada apa pun, sebaiknya tidak usah mengkritik.

6. Jika orang yang dikritik malah menyerang, cobalah bersikap tenang dan jangan terpancing emosi. Lebih baik bersikap terbuka dan dengarkan pendapatnya. (Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR