facebook twitter rss

3 KUNCI KOMUNIKASI Seorang Pemimpin

Senin, 17/12/2012 14:12 WIB
ilustrasi/bogusleadership.blogspot.com
bogusleadership.blogspot.com
ilustrasi

Aurelia Nelly

Sebagai seorang pemimpin, Anda membutuhkan skill berkomunikasi yang baik agar tim Anda dapat bekerja dengan baik pula. Namun, tidak semua pemimpin mau mengakui atau menyadari kesalahan pada anak buah bisa jadi dikarenakan kemampuan berkomunikasi pemimpinnya yang buruk.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa menjadi pemimpin dengan kemampuan berkomunikasi yang baik?

Berikut ada alat komunikasi yang dirumuskan oleh John C. Maxwell, penulis buku best seller Go for Gold.

1. Bersikap Konsisten
 Pemimpin yang tidak dapat memutuskan akan membuat anggota timnya frustasi. Tidak konsistennya Anda membuat tim merasa Anda tidak dapat diandalkan dan perkataan Anda tidak dapat dipercaya. 

2. Bersikap Jelas
Tim Anda tidak dapat bekerja dengan baik jika mereka tidak tahu apa yang Anda inginkan. Lebih baik Anda dikenal sebagai pemimpin yang mampu bersikap terus terang daripada pemimpinyang sekedar pandai.

3. Bersikap Ramah
Setiap orang haruslah Anda hargai. Betapapun kecil sumbangsihnya, tanpa dia Anda tidak akan ada di posisi sekarang. Dengan sikap ramah, Anda menetapkan 'nada' untuk seluruh organisasi sehingga dapat bekerja dengan bersinergi. Jangan pernah lupa bahwa Anda adalah pemimpinnya, komunikasi Anda menetapkan nada untuk interaksi orang-orang Anda. 

Jangan pernah lupa, komunikasi tidak berjalan satu arah. Sepatutnya Anda tidak bersikap diktatorial atau perintah dari atas ke bawah. Pemimpin yang baik bisa mendengarkan, mengundang, dan mendorong anak buahnya berpartisipasi. (Kabar24/nel)

Editor:

KOMENTAR