facebook twitter rss

WAWANCARA KERJA: 5 Pilihan Busana Sesuai Profesi

Andhina Wulandari Senin, 24/12/2012 15:19 WIB
Ilustrasi/Polyvore
Polyvore
Ilustrasi

Andhina Wulandari

Kesan pertama sangat menentukan, terutama saat wawancara kerja. Karena itulah, Anda harus sangat memperhatikan penampilan saat wawancara dan pastikan Anda terlihat profesional.

Jika masih bingung, coba beberapa pilihan busana berikut ini sesuai dengan profesi pekerjaan Anda.

Ekonomi atau finance

Ketika diwawancara untuk sebuah pekerjaan di bidang finance, Anda harus bisa terlihat percaya diri dan profesional. Blazer pas badan yang dipadukan dengan celana panjang bisa jadi pilihan Anda. Pilih warna-warna netral, seperti hitam, cokelat muda, biru tua, dan abu-abu. Jika Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya ikat rambut Anda agar terlihat rapi dan membuat penampilan Anda tampak modern.

Bidang hukum atau pengacara

Sama seperti pekerjaan di bidang finance, Anda membutuhkan busana yang menunjukkan kualifikasi dan kekuatan Anda. Pilih busana dalam warna hitam, seperti shift dress hitam atau blazer dan celana hitam. Beri sentuhan aksesori dalam warna merah yang bisa menunjukkan kesan berani. Untuk aksesori, seperti tas dan sepatu, pilih model klasik yang memberi kesan profesional.

Public Relations atau bidang fashion

Saat Anda melamar ke sebuah perusahaan di bidang fashion atau public relations, maka penampilan menjadi sangat penting. Ketika memilih busana, tentunya Anda ingin mengesankan bahwa Anda mengikuti perkembangan fashion, tanpa terkesan berlebihan.

Anda bisa dengan bebas memilih warna, bahan, dan desain sesuai tren terkini. Pastikan saja tren tersebut sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Jika Anda melamar ke sebuah perusahaan fashion atau merek busana tertentu, bisa juga memakai busana dari perusahaan mereka.

Bidang pendidikan

Di bidang ini, intelektualitas Anda adalah yang terpenting, karena itu tunjukkan pula pada cara berpakaian Anda. Pilih dress sederhana dalam motif klasik, misalnya houndstooth atau garis-garis, dalam warna monokrom. Hindari motif yang terlalu ramai atau dengan berbagai macam warna. Untuk sepatu, sebaiknya pilih sepatu dengan kitten heels yang feminin dan nyaman dipakai.

Industri kreatif dan desain

Meski industri terkesan santai dan rileks, bukan berarti Anda lantas memakai celana jeans dan kaus untuk wawancara. Namun, Anda bisa lebih ekspresif dalam menampilkan perpaduan busana yang trendi dengan warna-warna cerah. Supaya penampilan tidak terkesan ‘heboh’, pilih satu warna terang yang dipadankan dengan warna netral. Tambahkan aksesori berupa kalung atau gelang, lalu pilih pump shoes untuk melengkapi penampilan Anda. (Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

KOMENTAR