facebook twitter rss

PACAR ABUSIVE: Kenali Jenis Kekerasan Fisik & Emosional Saat Pacaran

Andhina Wulandari Sabtu, 09/03/2013 20:42 WIB
Ilustrasi/All4women
All4women
Ilustrasi

Istanto Aldy Nugroho

JAKARTA--Kasus kekerasan dalam pacaran mungkin sudah sering didengar oleh banyak orang, namun tidak sedikit pasangan yang bisa menangani kasus tersebut.

Salah satu faktor utama kekerasan di dalam pacaran adalah sifat abusive yang dimiliki oleh salah satu pasangan. Sifat abusive ini dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu low abusive dan middle abusive.

Low abusive merupakan gejala ketika seseorang mulai mengatur segala bentuk kegiatan dan perilaku pasangannya dalam bentuk kecil seperti menelepon setiap waktu, mencari tahu tindakan apa saja yang dilakukan pasangan, dan memeriksa handphone pasangan.

Middle abusive merupakan tahap lanjutan dari low abusive dan memiliki pengaruh lebih besar, beberapa contohnya adalah meminta nomor ATM pasangan, menyuruh pasangan melakukan tindakan sesuai kehendaknya, dan mulai melakukan tindakan fisik apabila terjadi kesalahan pada pasangan.

“Seseorang tidak langsung bertindak abusive terhadap pasangannya, biasanya berawal pada masa honeymoon yaitu masa-masa saling menyayangi, memuji, dan mengagum-ngagumkan pasangan," terang Rika Nosvianti, pemerhati masalah seksualitas, saat sharing session anti kekerasan dalam pacaran yang digelar Youth Rights Festival, Jumat (8/3).

"Lalu berlanjut ke masa permulaan kekerasan yaitu ketika timbul peraturan-peraturan yang dibuat oleh salah satu pihak, kemudian masa terakhir adalah masa peledakan yaitu ketika terjadi tindakan fisik bahkan bisa sampai membunuh,” lanjutnya.

Kejadian-kejadian tersebut memang perlu perhatian khusus dari lingkungan sekitar. selain peran individu yang menjadi objek kekerasan, lingkungan sekitar seperti keluarga dan sahabat pun perlu ambil andil dalam mencegah terjadinya kekerasan tersebut.

“Sebenarnya kekerasan dalam pacaran, tuh, nggak susah-susah banget buat dihindari, yang penting kamu harus yakin kalau diri kamu nggak pantas diperlakukan kasar kayak gitu,” terang Melanie Subono, salah satu pembicara. (Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR