facebook twitter rss

5 HAL JANGAN DIKATAKAN Bos Kepada Bawahannya

Andhina Wulandari Senin, 25/03/2013 14:24 WIB
Ilustrasi/English-ch
English/ch
Ilustrasi

Andhina Wulandari

Para bos dan manajer bisa menjadi sangat arogan saat di kantor. Hal ini karena mereka berada di posisi yang lebih tinggi dan memiliki beberapa bawahan yang bisa diatur. Namun untuk menjadi atasan yang baik, Anda tidak boleh mengatakan beberapa hal ini pada pegawai.

Kamu tak punya masa depan di perusahaan ini

Mengatakan kepada seorang bawahan bahwa dia tidak punya masa depan di perusahaan bisa sangat merendahkan. Seorang pegawai bisa merasa tidak ingin bekerja lagi, jika dia menyadari tidak ada masa depannya di perusahaan. Setiap orang pasti bekerja untuk mencapai tujuan dan apabila tujuan itu sudah tidak jelas, maka buat apa mereka bertahan di perusahaan tersebut.

Tidak ada yang bisa kamu ubah di sini

Setiap pegawai ingin merasa dirinya memiliki kontribusi dan memberi dampak positif bagi perusahaan. Sebagai bos, seharusnya Anda memperbolehkan setiap pegawai untuk menyampaikan ide-ide mereka dengan nyaman. Jika dari awal saja mereka sudah dibatasi, bukan hanya pegawai yang tidak akan berkembang, tapi perusahaan pun bisa saja mandek.

Kamu di sini karena belum saya pecat

Sebagai seorang bos, Anda tidak boleh mengatakan hal seperti ini. Tidak hanya terkesan meremehkan, kalimat ini juga bisa membuat percaya diri pegawai Anda menjadi rendah. Pada akhirnya, mereka pun juga kehilangan rasa hormat pada Anda sebagai seorang atasan.

Dia lebih baik dari kamu

Hindari melakukan kesalahan dengan membandingkan seorang bawahan dengan bawahan yang lainnya. Perbandingan semacam itu bisa sangat menghina, sekaligus membuat bawahan merasa Anda meng-anakemaskan bawahan yang lain,

Jangan pernah mengeluh pada saya

Sebenarnya, pegawai berhak menyampaikan keluhan jika mereka merasa dirinya diperlakukan tidak adil. Sebagai atasan, Anda harusnya bisa bertindak sebagai pemecah masalah dan berikan solusi. (Magforwomen/Sofeminine/aw)

Editor: Andhina Wulandari

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR