facebook twitter rss

5 CARA BANGUN HUBUNGAN Baik Dengan Bos Di Kantor

Andhina Wulandari Senin, 15/04/2013 13:30 WIB
Ilustrasi/Levoleague
Levoleague
Ilustrasi

Andhina Wulandari

KABAR24.COM, JAKARTA--Agar bisa bekerja dengan maksimal, Anda perlu membangun hubungan baik dengan siapa saja di tempat kantor, tak terkecuali dengan bos atau atasan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalin hubungan baik tersebut.

Sering berkomunikasi

Meski Anda merasa segan untuk berbicara dengan atasan, tapi jangan sampai Anda jadi merasa malas berkomunikasi. Setiap ada tugas, selalu diskusikan dengan atasan, mulai dari awal, perkembangannya seperti apa, hingga hasil akhir. Komunikasi antara atasan dan bahawan sangat penting, karena Anda bisa mengetahui lebih cepat jika terjadi masalah dan komunikasi yang efektif juga mengurangi kemungkinan terjadi kesalahpahaman.

Selalu beri sikap positif

Banyak sekali bawahan yang memiliki sikap negatif kepada atasannya. Hal ini bisa karena beberapa hal, seperti keputusan bos yang tidak sesuai dengan pemikiran Anda atau cara manajemen organisasi yang dilakukan bos. Apa pun tindakan bos, Anda harus bisa berperilaku positif, misalnya dengan menemukan suatu kesamaan yang bisa jadi awal mula dibentuknya hubungan baik antara Anda dan si bos.

Berikan ide baru

Bos selalu mencari ide-ide baru dari bawahannya, karena itu jangan pernah ragu untuk menyampaikan opini Anda saat di rapat. Pekerja, terutama yang berbeda generasi dengan atasan, biasanya punya banyak ide-ide yang di luar dari kebiasaan. Ide baru dan kreatif ini pula yang bisa membuat Anda terlihat menonjol di banding kolega lainnya.

Partisipasi dalam proyek

Tunjukkan inisiatif Anda dengan turut berpartisipasi dalam setiap proyek yang dikerjakan. Ini juga bisa menjadi satu cara untuk meningkatkan karir Anda, karena lewat proyek-proyek pekerjaan Anda bisa mendapatkan keahlian sekaligus pengalaman berharga.

Bertindak setelah dikritik

Saat dikritik, jangan langsung marah atau menyalahkan diri. Justru ini merupakan kesempatan untuk membuktikan bahwa Anda bisa menerima kritikan dari bos. Perbaiki cara kerja dan berikan hasil yang memuaskan pada atasan, bisa menjadi satu cara untuk membangun hubungan baik dengan atasan. (Brazen/Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

KOMENTAR