facebook twitter rss

KORUT VS KORSEL Memanas, Pembelot Korut Ini Kembali ke Negaranya

Marissa Saraswati Kamis, 04/04/2013 23:32 WIB
Pemimpin Korut mempersiapkan pasukannya menghadapi Korsel/globalmilitaryreview.com
globalmilitaryreview.com
Pemimpin Korut mempersiapkan pasukannya menghadapi Korsel

Newswire

SEOUL - Setelah meningkatnya krisis militer antara Korut dan Korsel, seorang pengungsi Korut yang menetap di Korsel pada tahun 2007 telah kembali ke Utara dengan sebuah kapal nelayan yang dicuri.

Pengungsi berumur 28 tahun, yang diidentifikasi dengan nama panggilan Lee, mencuri kapal di pulau Yeonpyeong yang terletak di sebelah perbatasan maritim yang disengketakan dengan Korut.

Lee, yang bekerja sebagai anggota awak di kapal yang sama, menggunakan kapal itu untuk menyeberangi perbatasan pada Rabu (3/4) malam.

Pihak militer Korsel mendeteksi perjalanannya pada radar dan menghubungi pemilik kapal yang memberikan nomor ponsel Lee.

Para pejabat kemudian memanggil Lee dan mendesaknya untuk kembali, tetapi dia menolak.

Yeonpyeong, terletak sekitar 1,5 kilometer selatan perbatasan, adalah pulau yang dihujani tembakan oleh Korut pada November 2010 dalam satu serangan yang menewaskan 4 warga Korsel.

Sekitar 25.000 warga Korut telah melarikan diri untuk menetap di Korsel, sebagian besar dari mereka melalui China--dan hanya sejumlah kecil yang kembali ke negerinya.(Antara/ms)

 

Editor: Marissa Saraswati

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR