facebook twitter rss

ANCAMAN PERANG NUKLIR: Korut Kirim Ultimatum Untuk Korsel

Saeno Selasa, 16/04/2013 15:46 WIB
ilustrasi/Antara
Antara
ilustrasi

Newswire

KABAR24.COM, TOKYO -- Ketegangan antara Korut dan Korsel kian menggelegak.

Komando tertinggi militer Korea Utara telah mengeluarkan ultimatum kepada Korea Selatan, menuntut permintaan maaf langsung untuk "semua tindakan bermusuhan besar dan kecil", kata kantor berita negara KCNA pada Selasa (16/4).

"Komando tertinggi Tentara Rakyat Korea Selasa mengeluarkan ultimatum kepada kelompok boneka Korea Selatan," kata pernyataan itu.

Ultimatum, yang dikeluarkan bertepatan dengan Hari Matahari menandai ulang tahun pendiri Korea Utara Kim Il-Sung, mengatakan bahwa Pyongyang akan membalas tanpa peringatan jika Selatan terus melakukan kegiatan-kegiatan anti-Korea Utara-nya.

"Tindakan balasan kami akan dimulai tanpa pemberitahuan sejak sekarang," kata pernyataan itu.

Ketegangan-ketegangan meningkat tajam di Semenanjung Korea pada Desember setelah Korea Utara menguji tembak peluru kendali jarak jauhnya Taepodong 2, dan sekali lagi pada Februari ketika melakukan uji nuklir yang ketiga.

PBB menanggapi kegiatan-kegiatan itu dengan beberapa sanksi.

Dimulainya latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat bulan lalu ternyata makin membuat jengkel Korea Utara, yang kemudian mengancam akan melakukan serangan nuklir di daratan AS, serta pada pasukan AS di wilayah tersebut. (Antara/RIA Novosti-OANA/sae)

Editor: Saeno

KOMENTAR