facebook twitter rss

KONFLIK SURIAH

Obama dan Putin Rundingkan Solusi Damai

Newswire Selasa, 18/06/2013 09:16 WIB
Barack Obama (kiri) dan Vladimir Putin di sela pertemuan negara-negara G-8 di Lough Erne, Enniskillen, Irlandia Utara./R
R
Barack Obama (kiri) dan Vladimir Putin di sela pertemuan negara-negara G-8 di Lough Erne, Enniskillen, Irlandia Utara.

KABAR24.COM, ENNISKILLEN--Konflik Suriah yang belum juga reda membuat Rusia dan Amerika Serikat mencari cara untuk menyelesaikan kekisruhan di negeri yang dipimpin Bashar al-Asaad itu.

Rusia dan Amerika Serikat sepakat untuk mendorong semua pihak dalam konflik agar mengadakan perundingan perdamaian di Jenewa, kata Presiden Rusia Vladimir Putin Senin (17/6).

Berbicara setelah perbincangan bilateral dengan Presiden AS Barack Obama di KTT G8, di Enniskillen, Irlandia Utara, Inggris Raya, Putin mengatakan, "Tentu saja pendapat kami tidak bertemu, tetapi kami semua memiliki niat untuk menghentikan kekerasan di Suriah."

"Dan untuk memecahkan situasi secara damai termasuk dengan membawa para pihak untuk duduk di meja perundingan di Jenewa," lanjut Putin.

"Kami sepakat untuk mendorong para pihak ke meja perundingan," tegasnya.

Kekuatan dunia telah selama berbulan-bulan membahas konferensi perdamaian internasional di Jenewa untuk menyelenggarakan satu konferensi yang sama di kota Swiss tahun lalu demi mengakhiri kekerasan di Suriah.

Obama mengakui bahwa mereka memiliki perspektif yang berbeda tetapi berbagi kepentingan dalam mengurangi pertumpahan darah di Suriah.

"Sehubungan dengan Suriah kita memiliki perspektif yang berbeda pada masalah tersebut," kata Obama, usai ia dan Putin melakukan pembicaraan.

"Tetapi kami berbagi minat dalam mengurangi kekerasan, mengamankan senjata kimia dan memastikan bahwa mereka tidak menggunakan mereka juga tidak tunduk proliferasi, dan bahwa kita ingin mencoba untuk menyelesaikan masalah melalui politik jika mungkin, "katanya.

"Jadi kami akan menginstruksikan tim kami untuk terus bekerja pada potensi tindak lanjut Jenewa," ujar Obama.

Obama dan Putin akan mengadakan pembicaraan bilateral di Moskow pada 3-4 September, menjelang KTT G20 di St Petersburg pada 5-6 September. (Antara/AFP)

Editor: Saeno

KOMENTAR