facebook twitter rss

KRISIS MESIR: Israel Buka lagi Bandara Eilat

Newswire Jum'at, 09/08/2013 22:17 WIB
Bandara Eilat, Israel/Antara
Antara
Bandara Eilat, Israel

Kabar24.com, JERUSALEM - Israel membuka kembali bandar udara paling selatannya di Eilat, dekat Semenanjung Sinai , Mesir, Kamis (8/8), setelah ditutup sebentar karena kekhawatiran terhadap serangan roket oleh gerilyawan Mesir.

"Bandar udara tersebut dibuka setelah ada laporan baru mengenai situasi," kata seorang wanita juru bicara militer Israel tanpa memberi penjelasan lebih lanjut sebagaimana dikutip Xinhua , Jumat (9/8).

Bandar udara itu ditutup untuk lalu lintas udara selama sekitar dua jam setelah diterimanya penilaian keamanan dari Angkatan Udara Israel.

Perintah untuk menutup bandar udara itu dikeluarkan setelah militer Mesir pada Kamis melanjutkan operasi besar guna mengusir gerilyawan dari Semenanjung Sinai, tempat serangan terhadap personel dan pos depan militer Mesir meningkat sejak penggulingan presiden Mohammad Moursi pada 3 Juli.

Menurut laporan media yang mengutip seorang pejabat keamanan Mesir tanpa menyebutkan nama, negara itu menerima informasi intelijen mengenai serangan rudal yang ditujukan ke Israel dan beberapa lokasi lain pada Jumat.

Mesir memberitahu Israel mengenai risiko tersebut, sehingga memicu penutupan bandar udara Eilat.

Eilat, tempat pelancongan di tepi Laut Merah di ujung selatan Israel, adalah objek wisata terkenal. Karena letaknya, Eilat telah menjadi sasaran tembakan roket dari Semenanjung Sinai.

Satu roket jatuh di daerah terbuka di dekat Eilat beberapa hari setelah Moursi digulingkan sedangkan dua roket menghantam kota tersebut pada April.

Angkatan Darat Mesir pada Rabu pekan ini melaporkan tentara telah menewaskan 60 gerilyawan Sinai sejak penggulingan Moursi. Serangan tersebut memancing serangan oleh gerilyawan di semenanjung yang mudah bergolak itu.

Editor: Linda Tangdialla

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR