facebook twitter rss

CALON SEKDA DKI: Ahok Sebut 2 Pejabat Korban Tes

Nancy Junita Senin, 19/08/2013 14:54 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/beritajakarta
beritajakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Kabar24.com, JAKARTA— Sudah empat bulan posisi Sekretaris Daerah DKI Jakarta kosong. Meski telah melakukan seleksi terhadap sembilan pejabat, namun hingga saat ini belum diketahui siapa saja yang diajukan ke Kementerian Dalam Negeri. Dari pejabat DKI yang ada saat ini ada 2 yang dinilai pantas, tapi tak diusulkan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan masih mengevaluasi sembilan pejabat yang telah mengikuti seleksi Sekda. Bahkan 3 nama calon Sekda saat ini telah dikantonginya.

"Sekda evaluasi Desember. Nanti ada ranking 1, 2, 3 nya. Pengusulan di akhir Desember atau awal Januari," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin (19/8).

Selain kinerja, pihaknya juga akan melihat usia pejabat yang dicalonkan menjadi Sekda karena  tidak akan memperpanjang masa jabatan seseorang yang telah pensiun atau berusia 56 tahun. "Walaupun prestasinya bagus juga tidak bisa. Supaya ada kesempatan buat yang lainnya," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 3 nama pejabat DKI yang paling berpotensi menduduki jabatan Sekda DKI adalah Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, dan Inspektorat DKI Franky Mangatas.

Ahok menyayangkan ada beberapa pejabat tak dimasukkan dalam bursa pencalonan Sekda, seperti Arie Budhiman sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, terlebih dirinya menginginkan seorang Sekda yang memahami pariwisata dan dapat mempromosikan pariwisata Jakarta, baik ke seluruh Indonesia maupun mancanegara.

Dia menilai Arie sebagai korban karena tidak sempat mengikuti tes. Selain Arie, Ahok juga menyebut nama Kepala Dinas Energi dan Perindustrian, Andi Baso Mappapoleonro yang juga tak mendapat kesempatan mengikuti tes calon Sekda.

"Nah, Pak Arie itu sebenarnya termasuk korban, tidak dites. Karena dihitungnya jadi Kadis cuma dua kali, padahal beliau sudah tiga kali jadi Kadis. Tapi yah Pak Arie juga sudah mau usia 56 tahun juga," ujarnya.

Sembilan pejabat telah ditugaskan Jokowi dalam surat tugas Nomor 716/082.62 untuk mengikuti asesmen kompetensi calon Sekda DKI di Hotel Sahid, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari jumlah tersebut disaring menjadi tiga nama, yang akan diajukan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. (Antara)

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR