facebook twitter rss

UMP DKI 2014: Jokowi Tak Mau Ubah, Tetap Rp2,4 Juta

Nancy Junita Senin, 18/11/2013 14:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo/beritajakarta
beritajakarta
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo

Kabar24.com, JAKARTA— Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bersikukuh Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014 sebesar Rp 2,441 juta.

Meski UMP tersebut dinilai tidak sesuai dengan keinginan buruh, namun Pemprov DKI juga telah mengalokasikan dana yang besar untuk pendidikan anak-anak buruh dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan urusan kesehatan gratis buruh lewat Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Selain KJP dan KJS, faktor UMP tidak berubah karena keadaan ekonomi saat ini menurun dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

"Poin itu yang sering tidak dimasukkan penghitungan komponen biaya. Padahal, ini bisa mengurangi biaya banyak sekali," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (18/11).

Ditegaskan Jokowi, kesejahteraan bagi buruh tidak hanya dalam bentuk upah, sehingga Pemprov DKI Jakarta merancang program yang bisa dimanfaatkan langsung oleh warganya.

"Ini juga perlu saya sampikan dari DKI juga sudah memberikan pelayanan yang lain. Bahwa kesejahteraan tidak hanya dalam bentuk upah saja," ucapnya seperti dilansir beritajakarta.com.

Kendati demikian diakui Jokowi, perhitungan KHL dan UMP 2014 telah melalui proses yang panjang oleh Dewan Pengupahan DKI, sehingga Jokowi memastikan keputusan UMP 2014 sebesar Rp 2,441 juta merupakan hasil rekomendasi Dewan Pengupahan yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha, dan buruh.

"Saya kira hitung-hitungannya sudah njlimet sekali. Tapi bukan kita loh ya yang memutuskan, tapi Dewan Pengupahan dan kita cek serta kalkulasi lagi," ujar Jokowi.

Buruh masih menolak penetapan UMP 2014 sebesar Rp 2,441 juta. Mereka menuntut UMP mencapai Rp 3,7 juta. Sejak penetapan UMP DKI pada awal November lalu buruh terus berunjukrasa di depan Balaikota DKI Jakarta. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

MK RUSUH: KPU Maluku Dikirimi Keranda Jenazah

Sony Pecahkan Rekor: Semalam Lebih dari Sejuta PS4 Terjual

Editor: Nancy Junita

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR