facebook twitter rss

KORUPSI PROYEK SIMULATOR SIM: Jumat Keramat, Djoko Susilo Penuhi Panggilan KPK, Akankah Ditahan?

Nancy Junita Jum'at, 05/10/2012 09:42 WIB
Irjen Pol Djoko Susilo/Jibiphoto
Jibiphoto
Irjen Pol Djoko Susilo

Nancy Junita

JAKARTA— Barangkali Hari Jumat adalah hari yang menakutkan bagi para tersangka kasus korupsi.

Pasalnya, sebagian besar tersangka kasus korupsi ditahan KPK pada Hari Jumat. Hari ini, Jumat (5/10) tersangka kasus korupsi proyek simulator SIM di Korlantas, Irjen Pol Djoko Susilo memenuhi panggilan KPK.

Dia datang ke KPK pukul 09.10 WIB didampingi pengacaranya Hotma Sitompul dan Juniver Girsang. Pekan lalu, Djoko juga dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai tersangka, tapi tidak datang.

Alasan tidak datangnya Djoko ke KPK adalah meragukan kewenangan KPK menangani kasus itu. Menurut Juniver, pihaknya telah berkirim surat ke Mahkamah Agung (MA) untuk meminta fatwa perihal pihak yang berwenang menangani kasus korupsi itu.

Namun, permintaan fatwa itu ditolak MA karena yang mengajukan fatwa bukan lembaga negara.

Djoko diduga terlibat dalam pengadaan proyek simulator SIM yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp100 miliar. Dia juga diduga menerima suap dari pihak swasta, yakni Budi Santoso terkait pengadaan proyek tersebut.

Sebelumnya, Juniver Girsang menegaskan Djoko tidak takut ditahan dan siap menghadapi hal terburuk.

 “Masalah penahanan itu nggak masalah. DS siap, risiko terburuk siap. Jangan bertindak sebagai destroyer. Penegak hukum bijak, jangan seperti palu godam,” tandasnya. (Kabar24/nj)

 

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR