facebook twitter rss

HUT TNI Ke-67: Alutsista Tetap Moderen, TNI & DPR Harus Koordinasi

Nancy Junita Jum'at, 05/10/2012 12:08 WIB
Atraksi helikopter di acara HUT TNI ke-67/Jibiphoto
Jibiphoto
Atraksi helikopter di acara HUT TNI ke-67

Linda T. Silitonga

JAKARTA– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kementerian Pertahanan dan TNI berkoordinasi dan bekerjasama dengan DPR agar terjamin modernisasi alat utama sistem senjata hingga 25 tahun ke depan.

“Kepada Kemenhan dan TNI lakukan koordinasi dan kerja sama erat dengan DPR untuk menjamin rencana stategis dapat terealisasi dengan baik dan tepat pada waktunya,” kata Presiden Yudhoyono saat memberikan amanatnya dalam peringatan HUT ke-67 TNI di bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (5/10).

Pemerintah, ujarnya, telah mengalokasikan anggaran sesuai permintaan dan kebutuhan setiap angkatan di TNI, yang dilakukan melalui perencanaan, pentahapan, dan jadwal waktu yang jelas.

SBY juga menegaskan setiap alutsista yang dibeli akan bermanfaat bagi pengembangan postur pertahanan saat ini hingga 25 tahun mendatang.

“Saya memastikan prosedur pembelian alutsista tidak menyimpang dan tidak mengalami kebocoran,” kata SBY.

Kepala Negara mengatakan sudah berselang waktu lama, pemerintah memang tidak melakukan modernisasi alutsista.

Untuk itu pemerintah menyadari banyak alutsista yang perlu diganti dan dimodernisasi, sejalan dengan keberhasillan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang tetap positif di dalam negeri.

“Kita menaikkan anggaran pertahanan dengan prioritas mengganti alutsista dengan yang baru dan sekaligus yang lebih moderen,” kata SBY. (JIBI/nj)

 

Editor: Nancy Junita

KOMENTAR