facebook twitter rss

KPK VS POLRI: Pendukung Semut Rang-Rang Tembus 7.000

Saeno Sabtu, 06/10/2012 09:36 WIB
Banner petisi save pray support for kpk/change.org.
change.org.
Banner petisi save pray support for kpk

Saeno M Abdi

JAKARTA – Upaya pihak kepolisian menangkap salah satu penyidik KPK Jumat (6/10) memancing sejumlah respons. Di antaranya muncul dukungan di jejaring sosial dan laman petisi online.

Sementara di depan Kantor KPK, sekitar jam 22.00 WIB dilaporkan puluhan masyarakat membuat rantai manusiademi melindungi penyidik KPK yang hendak ditangkap.

“Dalam waktu hanya beberapa jam, puluhan menjadi ratusan. Terlihat juga tokoh masyarakat yang berdatangan ikut mendukung KPK seperti, Anies Baswedan, Effendi Gazali, dan Goenawan Mohamad,” demikian rilis yang dikirim Arief Aziz, Direktur Komunikasi Change.org.

Di dunia digital seperti Twitter dan Change.org, ribuan dukungan juga mengalir kencang. Hashtag seperti #saveKPK dan #PresidenKeMana membanjiri timeline puluhan kali tiap menitnya, Isinya mempertanyakan peranan Presiden SBY yang sampai rilis ini dikirim belum terdengar. Hashtag #saveKPK menjadi trending topic di twitter Indonesia. Banyak pula yang mengganti foto profilnya menjadi gambar “Save KPK, Save Indonesia” seperti Rendi “Arai” Ahmad pada akun twitter @simponii

Petisi Change.org pada halaman www.change.org/KPK yang dimulai Anita Wahid dan pendukungnya yang kemarin dijuluki “Semut Rang-Rang” oleh pimpinan KPK bertambah ratusan paraf, menembus 7000 dukungan. Hingga tulisan ini dibuat jumlah pendukung mencapai 7.483.

Dalam pengantarnya, Anita menyebutkan bahwa demi menyelamatkan KPK, petisi akan diusahakan mencapai 100.000 dukungan.

Melalui akun twitternya @AnitaWahid berkicau “Perjuangan kita lawan korupsi msh panjang, teman, & akan makin berat krn koruptor makin melawan.Jaga stamina, kita ga akan mundur! #saveKPK”

@TracyTrinita juga ikut menyuarakan lewat twitter “Tuhan, bangkitkan semangat anak bangsa untuk berdiri berani membela kebenaran. Selamatkan KPK, mereka pahlawan kami.”

Sedangkan @saykoji mengetweet gambar bendera merah putih yang dikibarkan di depan gedung KPK “Merah Putih di lobby gedung KPK.#saveKPK http://instagr.am/p/QaT7VCABc6/”

Rene Suhardono pun mengetweet dari akun @ReneCC “Dukung Ketua Semut rangrang@AnitaWahid | Tanda-tangani petisi@ChangeOrg_ID #SaveKPK#PresidenKeMana”

Hingga Sabtu (7/10) dini hari, dukungan masyarakat kepada KPK baik secara offline dan online terus mengalir tiada henti. (kabar24/sae)

Editor: Saeno

KOMENTAR