facebook twitter rss

PELANTIKAN JOKOWI-AHOK: Senin, Biayanya Rp550 Juta

Nancy Junita Kamis, 11/10/2012 17:08 WIB
Jokowi-Ahok/Jibiphoto
Jibiphoto
Jokowi-Ahok

Fatia Qanitat

JAKARTA— Setelah jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Periode 2012-2017 Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama mundur berkali-kali, DPRD DKI akhirnya memastikan acara tersebut akan digelar Senin (15/10).

Seusai pembahasan bersama badan musyawarah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Golkar Inggard Joshua mengatakan Surat Sekretaris Negara tentang SK Presiden pada 9 Oktober, telah dikeluarkan 8 Oktober terkait pemberhentian secara hormat terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2007-2012 Fauzi Bowo-Prijanto, dan mengangkat Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

“Berdasarkan radiogram dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), diagendakan Rapat Paripurna Pelantikan Gubernur Dan Wakil Gubernur DKI terpilih Periode 2012-2017 pada Senin, 15 Oktober 2012, pukul 10.00-12.55 WIB. Pada pertemuan tersebut, run down acara juga telah ditetapkan,” ujar Inggard di Jakarta, Kamis (11/10).

Dikatakan, total anggaran yang digunakan untuk pelantikan sebesar Rp550 juta. Menurutnya, anggaran akan digunakan seefektif mungkin, dengan konsep acara yang sederhana.

Meskipun begitu, sambungnya, jangan sampai acara yang di Jakarta lebih buruk atau terbelakang dibanding daerah lainnya.

“Dalam penggunaan anggaran keuangan berdasarkan asas kewajaran. Tidak menghambur-hamburkan. Keberadaan Keroncong Tugu sebagai bagian dari melestarikan budaya Betawi,” katanya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, total undangan yang disebar sejumlah 2.000 undangan. Meski tidak akan tertampung seluruhnya di dalam ruang paripurna, DPRD telah menyiapkan tiga unit layar besar yang diletakkan di lobi dan lantai tiga gedung DPRD. Ruang paripurna hanya bisa menampung sekitar 850 orang, sementara 1.150 udangan lainnya akan menonton di luar.

“Bagi yang tidak tertampung di kawasan gedung DPRD, kami harap dapat bersikap tertib. Lagi pula, ada sembilan stasiun tv yang akan menyiarkan pelantikan ini secara live, jadi bisa menonton di rumah masing-masing,” ujarnya.

Dalam acara pelantikan tersebut, Inggard menjamin kedatangan dari Fauzi Bowo bersama Prijanto. Seperti yang tertuang dalam run down acara, pada pukul 11.20 WIB akan ada penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Meskipun ada informasi yang mengatakan pendukung Jokowi-Basuki akan datang saat pelantikan, Inggar menuturkan tidak akan ada penutupan jalan di kawasan Kebon Sirih. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak keamanan, agar jangan sampai menghambat kegiatan masyarakat. (JIBI/nj)

 

 

Editor: Nancy Junita

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR