facebook twitter rss

SOEKARNO-HATTA PAHLAWAN NASIONAL: Megawati Belum Pasti Salami SBY

Saeno Rabu, 07/11/2012 00:30 WIB
Ilustrasi-Megawati dalam salah satu pidatonya dengan latar belakang foto Bung Karno/Antara
Antara
Ilustrasi-Megawati dalam salah satu pidatonya dengan latar belakang foto Bung Karno

 Linda T. Silitonga

JAKARTA - Rabu, 7 November 2012 pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada proklamator RI Soekarno-Hatta.

Hal ini langsung memunculkan anggapan bahwa pada saat tersebut bisa saja Megawati akan bersalaman dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu dinilai publik sebagai sebuah peristiwa yang tak kalah pentingnya dari acara penganugerahan gelar tersebut. Pasalnya, selama ini publik belum pernah melihat Megawati bertemu dan bersalaman dengan SBY. 

Peristiwa politik itu bisa terjadi andai Megawati bertindak sebagai wakil dari keluarga untuk menerima gelar pahlawan nasional bagi Bung Karno.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan pihak keluarga yang akan memutuskan siapa yang mewakili untuk menerima anugerah gelar pahlawan nasional.

Julian mengatakan terkait anugerah gelar pahlawan bagi Soekarno dan Hatta, pemerintah telah mengundang pihak keluarga.

“Keluarga yang memutuskan siapa yang nanti akan menerima . Itu keputusan keluarga,” kata Julian di Halim Perdanakusuma, Selasa, (6/11).

Ditanya apakah Megawati Soekarnoputri, putri Soekarno yang menjadi Presiden RI kelima akan hadir dalam acara pemberian anugerah gelar pahlawan tersebut, Julian mengatakan keluarga yang akan memutuskannya.

Saat ditanya apakah sudah ada konfirmasi keluarga Soekarno tentang yang akan menerima penghargaan pahlawan nasional tersebut, Julian mengatakan agar menunggu esok
hari.

“Kita tunggu besok ya . Semua keluarga, ahli waris, dari Bung Karno dan Bung Hatta semua diundang,” kata Julian

Seperti diketahui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan tahun ini pemerintah akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada Presiden dan Wapres pertama RI yaitu Soekarno dan M. Hatta,

Djoko mengatakan tahun ini hanya ada dua tokoh yang memperoleh gelar pahlawan. Dari hasil sidang Dewan Gelar Kehormatan dan Tanda Jasa 2012 memutuskan memberikan gelar pahlawan nasional kepada Soekarno dan Hatta. (JIBI/sae)

 

Editor: Saeno

KOMENTAR