facebook twitter rss

TAHUN ULAR AIR 2013: Banyak Kasus Terbongkar Hingga Waspada Bencana Alam

Andhina Wulandari Minggu, 23/12/2012 13:01 WIB
Ilustrasi/Freeimageworks
Freeimageworks
Ilustrasi

Herry Suhendra

Tahun Naga tak lama lagi akan berakhir pada 9 Februari 2013. Bagaimana dengan peruntungan tahun 2013 yang masuk pada Tahun Ular Air Imlek 2564 yang dimulai pada 10 Februari 2013 sampai 30 Januari 2014?

Pakar fengshui Kang Hong Kian mengatakan bahwa pada tahun Ular pada 2013 unsur air kuat, tapi unsur api tumbuhnya juga kuat. Sama-sama kuat saling tarik menarik. Inilah kata kunci pada tahun 2013. Tapi perlambang ular lebih mengidentikkan diri sebagai “sang pembaharu".

Apa yang dimaksud dengan lambang “pembaharu”? 

Apa yang dilakukan tidak semuanya positif, bisa juga negatif. Hal yang bersifat permanen dan tak mudah berubah, pada umumnya seputar kekurang pedulian dirinya terhadap berbagai gagasan, pandangan, ataupun berbagai hal lain yang dikemukakan pihak manapun. Terlebih lagi yang bukan diajukan kelompoknya. Sebaliknya, kobaran semangat yang sukar terpadamkan, patut mendapat acungan jempol.

Apa pengaruhnya Tahun Ular terhadap kehidupan sehari-hari terhadap lingkungan?

Kuatnya unsur air dan api, bencana alam bisa terjadi karena bahaya longsor, banjir dan gunung berapi. Airnya yang kuat tapi tanah lemah, itu sebabnya akan terjadi longsor. Begitu juga dengan api terlalu aktif, menyebabkan gunung berapi juga aktif.

Perekonomian terbilang sangat bagus, karena tahun ular sangat menunjang Indonesia. Begitu juga dengan China mengalami potensi yang sama. Artinya kerjasama kedua negara akan ada peningkatan yang signifikan dan hubungannya semakin ‘mesra’.

Bagaimana hubungan Indonesia dengan Negara lain? 

Hubungan bilateral Indonesia dengan negara lain seperti Australia relatif baik. Tapi dengan Amerika Serikat, bisa disebutkan kurang bagus, karena negara adikuasa itu sendiri pada tahun 2013 akan mengalami kesulitan.

Bidang bisnis apa yang positif dan berkembang pada 2013?

Yang paling bagus di bidang tanah, artinya agribisnis, keuangan, properti, dan jasa. Contohnya pembangunan infrastruktur mengalami peningkatan dan pembangunan perumahan ada kemajuan.

Bisnis yang tidak ada kenaikan adalah bisnis yang berhubungan dengan logam, seperti industri logam dan otomotif.

Bagaimana dengan politik di Indonesia?

Untuk bidang politik di Indonesia, suhunya ‘memanas’. Artinya pergerakan peluang naiknya perekonomian, tidak diikuti situasi kondusif. Kalau bidang politik bisa kondusif, peningkatan perekonomian Indonesia bisa jauh lebih baik. Sayangnya, hal ini kecil kemungkinan terjadi, karena banyaknya yang saling sikut- menyikut.

Walau begitu kehidupan masyarakat Indonesia akan lebih baik dan berbanding terbalik dengan suhu politik.

Tahun ular diprediksi akan banyak kasus terbongkar, kasus-kasus besar dan segala hal mungkin saja terjadi. Bagi mereka atau pemimpin yang bershio kerbau akan makin kuat.

Walaupun kuat ada waktu atau bulan di mana dia lemah, yaitu bulan ketiga Imlek (April 2013), keenam (Juli), kesembilan (Oktober), dan bulan keduabelas (Januari 2014). Tapi tekanan paling besar dalam 1 tahun itu di mana masalah berlangsung ‘arogan’ terjadi pada bulan kelima dan bulan kesembilan.

Apa hal lain yang menonjol pada Tahun Ular Air?

Dengan unsur air kuat dan unsur apinya juga kuat, hal ini yang memicu terjadinya saling tarik menarik atau bisa terjadi konflik. Penampilan ular yang dikenal sebagai sang penyanjung logika, pada kesempatan lain bisa saja nampak asyik menggeluti aneka hal yang bersifat supranatural bahkan beraroma mistik.

Hal ini bisa terjadi hingga mengobral kemampuan tanpa pamrih sedikitpun, namun bisa pula bersikap arogan terutama bila eksistensi dirinya merasa terganggu, apalagi ternodai. Pada tahap seperti ini teramat sukar mengharapkan maaf darinya. Selain itu, sosok ular pantang merasa terintimidasi kekuatan manapun.

Banyak yang mbalelo, di mana anak buah tidak nurut pada atasan, tidak adanya loyalitas, menyebabkan adanya ketegangan, dan ada upaya saling buka ‘borok’.

Fleksibilitas hilang, negosiasi buntu karena kehilangan arah, perebutan pengaruh sukar dihindari lagi, bahkan ‘berbagai’ siasat pun kelak menjadi sesuatu yang lumrah. Inilah karakter shio ular yang akan dijalani pada 2013. (Kabar24/aw)

Editor: Andhina Wulandari

KOMENTAR