facebook twitter rss

BANDARA KUALA NAMU di Medan Beroperasi Maret Ini

Nancy Junita Jum'at, 04/01/2013 04:48 WIB
Ilustrasi/Jibiphoto
Jibiphoto
Ilustrasi

Henrykus F Nuwa Wedo

JAKARTABandara Kuala Namu di Medan akan beroperasi pada Maret 2013.

Pembangunan bandara Kuala Namu, Medan menelan biaya Rp4,69 triliun dari sumber dana pemerintah dan PT Angkasa Pura II.

“Maret Kuala Namu akan beroperasi dan jalur KA dari stasiun Medan menuju Kuala Namu akan diuji coba pada satu minggu ke depan, cek posisi awal 2013 apakah sesuai target, ” ujar Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono.

Ditambahkannya, pada kuartal I tahun  2013 pihaknya juga akan melakukan uji coba jalur kereta bandara Kuala Namu Medan.

Menurutnya, pada 2012 pihaknya telah mengganti rel baru dari stasiun Medan menuju Aruskabu yang menelan biaya Rp67,2 miliar.

Dijelaskan pihaknya telah mengirim dua set kereta api dari Jawa untuk melakukan uji coba jalur kereta bandara Kuala Namu karena kereta yang dipesan belum tersedia dan membutuhkan waktu 18 bulan.

Dia juga menambahkan pembangunan bandara Karawang sangat diperlukan untuk menopang Bandara Soekarno Hatta yang saat ini menampung lebih dari 51 juta penumpang per tahun. Pembangunan bandara Karawang, tuturnya akan menggunakan kerja sama pemerintah dan swasta.

Menurutnya pihak swasta akan membangun terminal dan pemerintah akan membangun runway dan taxiway bandara Karawang. Studi kelayakan, imbuhnya akan dilakukan tahun ini dan pihaknya akan melakukan pembahasan mengenai tata ruang bandara Karawang.

Menurutnya jika semua proses awal berjalan lancar maka proses tender dapat dilakukan sejak 2014 dengan jangka waktu 1 hingga 2 tahun. Dia menjelaskan pada tahun 2020 diperkirakan bandara Karawang dapat beroperasi. (JIBI/nj)

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR