facebook twitter rss

BANJIR TOL CIUJUNG: Mobil Sedan Tak Disarankan Lewat Tol Tangerang-Merak

Nancy Junita Jum'at, 11/01/2013 15:14 WIB
Banjir karena meluapnya sungai Ciujung merendam jalan tol Jakarta- Merak di Kilometer 57 Desa Kragilan, Serang, Banten, Kamis (1
anjir karena meluapnya sungai Ciujung merendam jalan tol Jakarta/ Merak di Kilometer 57 Desa Kragilan, Serang, Banten, Kamis (1

Newswire

SERANG— Kondisi Jalan tol Jakarta Merak di Km 57 sampai 59 Ciujung kembali bisa dilalui setelah ditutup sejak Rabu (9/1) dini hari ditutup akibat banjir.

Manager Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS) Rahmatullah di Serang, Jumat (11/1), mengatakan jalan tol dari arah Tangerang tujuan Merak dan sebaliknya kembali bisa dilalui sejak pukul 05.00 WIB, karena air di tol sudah surut.

Namun demikian, untuk kendaraan kecil jenis sedan, disarankan untuk tidak melewati karena ketinggian air masih sekitar 40 cm.

“Jalan tol kembali dibuka sejak tadi pagi, meskipun masih ada genangan air sekitar 40 cm. Namun kendaraan besar dan sedang sudah bisa lewat,” kata Rahmatullah.

Menurutnya, jalan tol dibuka satu lajur. Namun disarankan pengendara untuk berhati-hati melewati jalur yang terkena banjir karena masih ada genangan air dan banyak warga yang masih mengungsi.

“Petugas kami akan memandu kendaraan yang melewati jalan yang masih tergenang banjir, selain itu banyak warga yang berada di pinggir tol,” katanya.

Pihaknya memperkirakan kondisi air di jalan tol akan semakin surut hingga Jumat siang, karena kondisi air terus menurun dibandingkan hari Kamis (10/1) hingga Jumat dini hari.

Ia mengatakan, untuk beberapa ruas pihaknya masih harus melakukan pembersihan di beberapa ruas yang sempat tergenang, karena banyak material lumpur dan pohon yang terbawa air sejak banjir yang terjadi dua hari terakhir.

Sebagaimana diketahui, sejak Rabu (9/1) dini hari akses jalan tol Tangerang menuju Merak di Km 57 sampai Km 59 sempat ditutup karena banjir, pengguna jalan menuju Merak diarahkan keluar di Gerbang Tol Balaraja Barat dan kembali masuk di gerbang tol Ciujung.

Sedangkan pengguna jalan menuju Jakarta diarahkan keluar pada KM 59+750 serbang tol Ciujung dan masuk kembali di gerbang tol Balaraja Barat.

Banjir di jalan tol disebabkan luapan air dari Sungai Ciujung di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, sehingga merendam sebagian jalan tol sepanjang dua kilo meter dengan ketinggian air mencapai 140 cm pada Kamis (10/1).

Ribuan warga yang ada di sekitar pinggiran jalan tol di sepanjang aliran Sungai Ciujung di Kampung Undar-andir, juga harus mengungsi ke jalan tol karena pemukiman mereka terendam banjir akibat luapan air Sungai Ciujung. (Antara/nj)

 

 

Editor: Nancy Junita

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR