facebook twitter rss

ANIS BASWEDAN: Stok Banyak, tapi Krisis Pemimpin Berintegritas

Nancy Junita Rabu, 06/02/2013 12:31 WIB
Anis Baswedan/Antara
Antara
Anis Baswedan

Newswire

JAKARTA— Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan mengatakan saat ini Indonesia mengalami krisis pemimpin yang berintegritas.

"Stok pemimpin kita banyak, tapi pemimpin yang berintegritas kita defisit bahkan krisis," kata Anis di Jakarta, Rabu (6/2).

Ia juga mengatakan banyak terjadi ketimpangan-ketimpangan, meski sudah berdemokrasi.

"Banyak sekali di daerah yang terdidik dan tidak terdidik, yang makmur, miskin. Sistem politik kita harus dibenahi untuk mengantisipasi kegagalan demokrasi," katanya.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak terjebak pada perdebatan-perdebatan jangka pendek, terutama perdebatan politik.

"Jangan terus-terusan memikirkan 2014 tetapi kita tidak antisipasi apa yang akan terjadi yang akan datang. 2015-2020 itu merupakan fase republik ASEAN, tantangannya seperti apa. Kalau kita kalah nanti bicaranya isolasi," ujar Anis.

Berkaitan dengan korupsi yang terus merajalela termasuk partai Islam, ia mengatakan, "Korupsi memang tidak kenal etnis tidak kenal budaya, siapa saja bisa melakukan dan saya rasa tidak perlu kaget, siapa saja bisa terlibat pada kasus korupsi."

Menurut dia, parpol yang mengusung agama tertentu akan lebih berat menerima sanksi moral ketika ada kadernya yang terjerat korupsi.

"Memang ketika sebuah kelompok memegang tinggi simbol-simbol agama kemudian terbukti melakukan tindak pidana korupsi, menjadi berat sekali. Itu di mana-mana, tak hanya di Indonesia," katanya lagi.

"Tinggal bagaimana nanti apakah terbukti di pengadilan. Kalau terbukti maka sanksinya berat. Kalau tidak terbukti maka nanti akan keluar dan bisa bilang 'lihat kami bersih` kita lihat nanti pengadilan akan menunjukkan," tambah Anis.

Hal senada juga disampaikan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Dia engatakan penegakan hukum di Indonesia belum sepenuhnya diterapkan.

"Penegakan hukum kita masih terkesan `letoy` (lemah) karena tidak tajam ke atas dan ke bawah," katanya. (Antara/nj)

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR