facebook twitter rss

SUAP SAPI IMPOR: Ahmad Fathanah Dijerat Pasal Pidana Pencucian Uang

Nancy Junita Kamis, 07/03/2013 01:22 WIB
Luthfi Hasan Ishaaq/Jibiphoto/Nurul Hidayat
Nurul Hidayat
Luthfi Hasan Ishaaq/Jibiphoto

Newswire

JAKARTA— KPK mengenakan pasal tindak pidana pencucian uang terhadap Ahmad Fathanah tersangka kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

"Jadi, setelah mengembangkan kasus dugaan suap impor daging, penyidik temukan bukti-bukti yang mengarah pada dugaan TPPU pada tersangka AF," kata juru bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Rabu (6/3).

Pengembangan itu didasarkan atas temuan KPK yang didapatkan dalam penggeledahan di kantor dan rumah milik tersangka dalam kasus itu. Selain itu juga berdasarkan hasil pemeriksaan KPK terhadap tersangka dan penelusuran aset.

Menurut dia AF disangkakan dengan pasal 3 atau pasal 4 atau pasal 5 Undang-Undang nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang junto pasal 5 KUHAP.

Johan mengatakan KPK juga menyita empat mobil yang diduga milik Ahmad Fathanah, yaitu Toyota Fj Cruiser, Toyota Land Cruiser Prado, Toyota Alphard, dan Mercedes Benz.

Keempat mobil itu diperkirakan memiliki nilai Rp4,3 miliar.

Dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian itu, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka yaitu Presiden PKS yang juga anggota Komisi I DPR Luthfi Hasan Ishaaq, dua direktur PT Indoguna Utama yaitu Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi, serta orang dekat Lutfi, Ahmad Fathanah. (Antara/nj)

Editor: Nancy Junita

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR