facebook twitter rss

PILWALKOT BANDUNG Lebih Banyak Ditentukan Kaum Pria

Saeno Minggu, 07/04/2013 13:19 WIB
Patung Badak di Balai Kota Bandung/fb
fb
Patung Badak di Balai Kota Bandung

Wisnu Wage

BANDUNG - Kaum pria mencatatkan diri sebagai pihak yang akan lebih banyak menentukan hasil akhir pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bandung.

Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung merilis daftar pemilih sementara Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Bandung 2013 yang berjumlah 1.641.581 jiwa.

Ketua KPU Kota Bandung Apipudin mengatakan dari jumlah tersebut, pemilih di Kota Bandung didominasi oleh kaum pria dengan jumlah 882.593 pemilih. “Kaum perempuan yang tercatat dalam pemilih sementara itu sebanyak 818.988 jiwa,” kata Apipudin.

Dari data KPU, Babakan Ciparay menjadi Kecamatan di Kota Bandung yang paling banyak pemilihnya yakni 89.799 jiwa. Disusul Kecamatan Bandung Kulon yang tercatat memiliki 86.262 pemilih. Sedangkan di Kecamatan Batununggal terdapat 83.947 pemilih.

Menurut Apipudin, nantinya DPS akan diumumkan di setiap Kelurahan di Kota Bandung.

Warga yang sudah memiliki hak pilih menurutnya diminta mengecek ke kantor Kelurahan setempat untuk mengetahui sudah terdaftar atau belumnya nama warga di dalam DPS.

“Sehingga jika nanti belum terdaftar di DPS, warga bisa mendaftarkan ke petugas pendaftar pemilih agar hak pilihnya tidak hilang,” katanya.

Selain itu, dijelaskan Apip, jumlah DPS merupakan landasan pertama untuk mengetahui jumlah surat suara yang akan dicetak.

Dengan jumlah DPS sebesar ini, KPU menetapkan jumlah Tempat Pemungutan Suara reguler berjumlah 4.101 yang tersebar di 30 Kecamatan di Kota Bandung.(JIBI/k57/k29/yri/sae)

Editor: Saeno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR