facebook twitter rss

KAPOLRI BARU: Sutarman Kandidat Kuat, Suparni Parto Meroket

Saeno Senin, 15/04/2013 20:49 WIB

Winda Rahmawati

KABAR24.COM, JAKARTA -- Di antara sejumlah jenderal bintang 3 di jajaran Kepolisian RI, Komjen Sutarman disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat Kapolri.

Nama lain yang masuk hitungan untuk memegang tongkat komando Kapolri adalah Irjen Pol Suparni Parto. Ia bisa disebut jenderal polisi yang sedang meroket. Perwira Tinggi Polri ini baru saja memperoleh kenaikan pangkat menjadi bintang 3 dan menjabat Kabaintelkam Mabes Polri.

Selain mereka, tentu masih ada sejumlah kandidat lain yang namanya belum muncul ke permukaan.

Sementara itu, Mabes Polri dikabarkan tengah menyiapkan beberapa jenderal bintang tiga sebagai calon pengganti Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan penggantian dirinya merupakan hak prerogatif presiden. Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi, sambungnya, juga belum menggodok nama calon Kapolri.

Namun, dia tetap mempersiapkan kandidatnya dengan membekali pengalaman, terutama para jenderal bintang 3 yang nantinya akan diajukan kepada Presiden.

"Sekarang kami menyiapkan, artinya memberikan pengalaman-pengalaman tugas, termasuk mengupdate terus perkembangannya,” tutur Kapolri, Senin (15/4).

Menurutnya, pergantian Kapolri merupakan dinamika dan program yang sudah terjadwal dengan baik dan Kapolri baru akan menghadapi tugas penting yaitu mengamankan jalannya Pemilu 2014.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Sutarman, yang disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat Kapolri mengatakan, semua personel Polri yang telah mengantongi bintang tiga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi kandidat Kapolri.

"Biarkanlah mekanisme atau sistem pembinaan karir di Polri berjalan. Semua bintang tiga punya hak menjadi kandidat. Semua kansnya sama," kata Sutarman.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan ang baru saja dilantik, Irjen Pol Suparni Parto mengaku belum memikirkan untuk menjadi Kapolri pengganti Timur. "Saya tidak berpikir ke sana, saya fokus dipekerjaan saya sebagai Kabaintelkam yang baru. Mudah-mudahan saja Allah SWT dan rekan-rekan saya bisa menjalankan tugas saya sebagai Kabaintelkam," kata Irjen Pol Suparni Parto.  (JIBI/Fsi/sae)

Editor: Saeno

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR