facebook twitter rss

POLISI PEMBERANI: Bank BRI Dirampok, Polisi Baik Kalahkan Aparat Buruk

Saeno Sabtu, 27/04/2013 16:27 WIB
Ilustrasi-Bank BRI/Antara
Antara
Ilustrasi-Bank BRI

Newswire

KABAR24, PEKANBARU -- Peristiwa perampokan di Bank BRI Cabang Pantai Cermin, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau seakan menguatkan adanya aparat buruk dan polisi baik.

Pasalnya, salah satu pelaku, yang belakangan ditengarai sebagai Briptu S sempat kontak senjata dengan Aiptu Maryono, yang seorang diri menyamar sebagai nasabah unuk menggagalkan upaya jahat tersebut.

Meski begitu, identitas pelaku perampokan Bank BRI ini sempat menjadi misteri.

Pasalnya, sejumlah petinggi kepolisian di wilayah Riau tak bersedia mengungkapnya.

Kapolres Kabupaten Kampar AKBP Auliansyah Lubis yang dihubungi per telepon dari Pekanbaru, Sabtu belum bersedia mengangkat panggilan tersebut.

Sebelumnya pada Jumat (26/4) beberapa jam setelah peristiwa perampokan terjadi dan aparat berhasil meringkus para pelaku, Auliansyah berjanji akan segera memberikan penjelasan ke publik.

Informasi sejumlah saksi dan pihak internal kepolisian menyebutkan, seorang dari tiga pelaku perampokan BRI Cabang Pantai Cermin yang berhasil diringkus merupakan anggota kepolisian.

Indikasi tersebut diperkuat dengan ketatnya pengawalan terhadap pelaku saat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara usai tertembus peluru petugas yang memburunya sesaat usai upaya perampokan digencarkan.

Pengawalan terhadap pelaku yang belum diketahui identitasnya itu berlangsung tidak seperti biasanya. Tampak sejumlah anggota dari Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian RI atau Propam menghalang-halangi wartawan saat mengambil gambar wajah pelaku yang ditutupi dengan kain.

Terkait indikasi keterlibatan anggota polisi dalam kasus perampokan itu, Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Hermansyah juga memilih untuk tidak berkomentar panjang lebar.

"Mengenai informasi ini saya belum mendapat laporan dari lapangan. Yang jelas, pelaku memang sudah ditangkap," katanya.

Sebelumnya dikabarkan, sejumlah aparat kepolisian baku tembak dengan kawanan perampok yang menggasak uang dari Kantor BRI Cabang Pantai Cermin Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kampar, Ajun Komisaris Polisi Eka mengatakan, perampokan itu terjadi pada Jumat (26/4) pagi.

Para pelaku juga sempat menyandera seorang kasir perusahaan perbankan itu.

Tiga kawanan penjahat ini kemudian melarikan diri dengan menggunakan mobil Toyota Avanza bernomor polisi BM 38 T warna silver dengan melintasi jalur Kecamatan Tapung. Pada akhirnya terjadi baku tembak antara perampok dengan sejumlah aparat yang memburu ketiganya.

Dalam insiden itu, seorang anggota polisi, Aiptu Maryono, terkena terjangan peluru yang dilepaskan pelaku. Sementara seorang dari tiga penjahat itu, juga terkapar usai tertembus peluru aparat. (Antara/sae)

Editor: Saeno

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR