facebook twitter rss

BBM NAIK: Pertamina Tunggu Keputusan Harga dari Pemerintah

Saeno Senin, 29/04/2013 18:58 WIB
Ilustrasi/Jibiphoto
Jibiphoto
Ilustrasi

Newswire

KABAR24.COM, MEDAN -- Di saat Pertamina sudah siap melaksanakan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi, pemerintah juga sampai pada keputusan final.

Pertamina Region I menegaskan, pihaknya masih menunggu keputusan resmi pemerintah tentang pemberlakuan harga bahan bakar minyak dan langkah itu sudah disosialisasikan ke pengusaha SPBU.

"Pertamina akan menjalankan kebijakan pemerintahan dan hal itu sudah dinyatakan manajemen ke pengusaha SPBU. Yang pasti sampai sekarang belum ada keputusan atau penyampaian resmi ke Pertamina soal harga BBM," kata Asisten Costumer Relation Fuel Retail Marketing Region I PT Pertamina Sumbagut, Sonny Mirath, di Medan, Senin (29/4).

Belum adanya putusan atau instruksi resmi dari Pemerintah, maka Pertamina masih tetap menjalankan kebijakan yang lama yakni menyalurkan dengan satu harga untuk BBM bersubsidi.

Pertamina juga masih menjalankan kebijakan penambahan BBM solar sekitar 20% untuk SPBU di Sumbagut.

Penyaluran normal solar subsidi SPBU di Sumbagut sebanyak 7.259 kiloliter per hari, di mana masing-masing untuk Sumut sejumlah 2.918 KL, Aceh 723 KL, Sumatera Barat 1.098 KL, Riau 2.136 KL, dan Kepulauan Riau 384 KL.

Dia mengakui, adanya wacana manajemen menggunakan sistem teknologi informasi yang bisa mencegah potensi kekacauan di SPBU saat kebijakan kenaikan harga BBM bagi mobil pribadi diterapkan.

"Tetapi lagi-lagi semuanya itu masih menunggu kebijakan dan putusan dari Pemerintah," katanya.

Pemerintah semula berencana menaikkan harga BBM, premium dan solar, untuk mobil pribadi dari Rp4.500 harga subsidi menjadi Rp6.500-Rp7.000 per liter mulai Mei 2013.

Sementara, harga BBM untuk sepeda motor serta angkutan umum dan barang tetap Rp4.500 per liter.

Belakangan muncul sinyal bahwa pemerintah tidak akan memberlakukan kebijakan harga double atau dual price dan lebih fokus pada kenaikan harga tunggal.

Diperkirakan, kenaikan harga BBM bersubsidi dengan kebijakan satu harga ini tidak akan sampai angka Rp6.500 per liter. (Antara/sae)

Editor: Saeno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR