facebook twitter rss

MENTERI KEUANGAN BARU: CHATIB BASRI Kandidat Terkuat?

Marissa Saraswati Senin, 13/05/2013 15:49 WIB
Chatib Basri/Antara
Antara
Chatib Basri

Demis Rizky Gosta

KABAR24.COM, JAKARTA— Setelah terpilihnya Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) yang baru, otomatis posisi Menteri Keuangan yang dulu dijabatnya kini kosong. Agus telah diberhentikan SBY sebagai Menteri Keuangan sejak 18 April 2013 melalui Keputusan Presiden no. 44/M tahun 2013.

Meskipun hingga saat ini belum ada pengganti resmi yang ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, beberapa nama sudah muncul ke permukaan. Salah satu kandidat terkuat adalah Chatib Basri.

Chatib Basri adalah seorang ekonom, peneliti, dan profesional asalIndonesia yang menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal sejak 14 Juni 2012.

Saat dikonfirmasi, Chatib Basri menolak berkomentar dan memilih untuk menunggu pengumuman presiden.

Jabatan Menteri Keuangan saat ini diduduki sementara oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebagai pelaksana tugas. Hatta pagi ini mengungkapkan Presiden berencana melantik Menteri Keuangan yang baru besok. “Menkeu besok dilantik. Selasa ini, pokoknya besok,” katanya usai mendampingi SBY menerima pimpinan DPR di Kantor Presiden.

Dia memastikan Menkeu yang akan dilantik besok berasal dari salah satu tokoh yang saat ini memegang jabatan dalam pemerintahan dan bukan berasal dari partai politik. “Dari kalangan kita juga, yang pasti tidak dari parpol,” kata Hatta.

Selain Chatib Basri, nama lain yang disebut dalam bursa calon Menkeu adalah politisi PAN Drajad Wibowo, Gubernur BI Darmin Nasution serta kedua Wakil Menteri Keuangan yaitu Anny Ratnawati dan Mahendra Siregar. Namun terkait nama Drajad Wibowo Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sudah membantahnya.(JIBI/ms)

 

Editor: Marissa Saraswati

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR