facebook twitter rss

PENJARAHAN TIMAH: 600 Polisi Babel Amankan Demo 800 Karyawan PT Timah

Saeno Rabu, 22/05/2013 13:24 WIB
Ilustrasi-Pekerja tambang timah di Pangkalpinang/Reuters/Dwi Sadmoko
Dwi Sadmoko
Ilustrasi-Pekerja tambang timah di Pangkalpinang/Reuters

Newswire

KABAR24.COM, PANGKALPINANG -- Aksi penjarahan timah dan kriminalisasi kepada masyarakat mendorong karyawan PT Timah melakukan aksi unjuk rasa.

Kepolisian Daerah Bangka Belitung pun menyiagakan 600 personel untuk mengamankan ratusan karyawan PT Timah yang berdemonstrasi di gedung PT Timah, gedung DPRD dan kantor Gubernur Babel di Pangkalpinang, Rabu (22/5).

"Sampai saat ini aksi demonstransi karyawan PT Timah masih berjalan damai, aman, tertib dan lancar," kata Kabid Humas Polda Babel AKBP Indra saat ditemui di tengah aksi demo di kantor Gubernur Babel.

Ia menjelaskan, sebanyak 600 personel mengawal sekitar 800-an orang yang berunjuk rasa di kantor PT Timah Tbk serta di gedung DPRD dan kantor Gubernur Babel.

"Aksi demonstrasi ini belum menimbulkan kemacetan lalu lintas atau aksi lain yang memancing tindak anarkis," ujarnya.

Aksi unjuk rasa di bawah komando Ikatan Karyawan Timah, IKT, itu menuntut dihentikannya penjarahan dan perampokan timah, meminta dukungan DPRD dalam melakukan audit asal usul bijih timah, penegakan hukum tanpa pandang bulu, diusirnya antek-antek asing dan penjajahan timah, serta mendesak kepastian hukum dalam aktivitas pertambangan timah.

Selain itu, demonstrans menuntut dihentikannya ekspor timah ilegal, transfer pricing, dihentikannya liberisasi timah, dibangunnya ketahanan mineral dan diselamatkannya rakyat dari kriminalisasi pertambangan timah.

"Kami berharap koordinator aksi tetap dapat menjaga demonstran lainnya untuk selalu tertib menyampaikan aspirasi," tutur Indra.

Indra berharap para demonstran saling menjaga satu sama lainnya agar tidak ada provokator atau pihak lain yang akan memicu tindakan anarkis.

"Kami berharap koordinator demo menjaga anggotanya dari penyusup atau provokator, jangan sampai dalam aksi damai ini terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," lanjut Indra. (Antara/sae)

Editor: Saeno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR