facebook twitter rss

GANGGUAN KABUT ASAP

Dumai Siaga Satu, Hujan Buatan Ditunggu

Newswire Kamis, 20/06/2013 18:44 WIB
Ilustrasi/Antara
Antara
Ilustrasi

KABAR24.COM, DUMAI--Gangguna kabut asap membuat Wali Kota Dumai menetapkan kondisi siaga satu.

Kini, Pemerintah Kota Dumai, Propinsi Riau, mengharapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla yang terjadi di wilayah itu dengan menurunkan hujan buatan.

"Walikota sudah menandatangani penetapan status siaga satu bahaya kabut asap dan akan direkomendasikan ke BNPB supaya membantu mengadakan hujan buatan memadamkan kebakaran hutan," kata Muhammad Wazir, Kepala Bagian Humas dan Infokom Pemkot Dumai, Kamis (20/6).

Wazir menyampaikan, penetapan status siaga satu kota Dumai sudah menjadi keharusan mengingat kondisi cuaca yang makin memburuk karena tercemar akibat asap yang kini masih menyelimuti sebagian besar wilayah.

Selain itu, meningkatnya jumlah kunjungan pasien ke fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta karena mengalami gangguan pernapasan dan tenggorokan serta batuk flu.

Buruknya kondisi cuaca Dumai akibat kejadian Karhutla di sejumlah lokasi hutan dan lahan, baik milik masyarakat maupun areal perusahaan yang belum ditanggulangi baik karena keterbatasan pemerintah daerah.

"Untuk mengadakan hujan buatan membutuhkan biaya besar dan kita tidak punya cukup anggaran, karena itu memerlukan dukungan dari badan penanggulangan bencana dan pemerintah propinsi," sebut Wazir.

Namun, hujan buatan ini, lanjut Wazir, merupakan langkah terakhir jika penanggulangan kebakaran hutan yang dilakukan semua aparat pemadaman tidak optimal dan mengalami kendala.

Menurutnya, penanggulangan bencana asap telah dikoordinasikan pemerintah daerah ke semua aparat terkait untuk mengambil tindakan dan upaya pencegahan dampak buruk akibat asap.

Di samping itu, di tengah ancaman kabut asap ini, pemerintah mendorong semua pihak dan instansi untuk membagikan masker kepada masyarakat sebagai pelindung dari menghirup bebas asap.

"Upaya penanggulangan bencana kabut asap ini bukan saja dibebankan kepada pemerintah, melainkan juga butuh kerjasama dan dukungan TNI, Polri serta semua pihak dan perusahaan yang ada," terang Wazir. (Antara)

Editor: Saeno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR