facebook twitter rss

Indonesia Raih Kostum Terbaik di Pesta Karnaval Prancis

Newswire Kamis, 11/07/2013 07:23 WIB
Ilustrasi/landscapes
landscapes
Ilustrasi

Kabar24.com, LONDON - Tim Indonesia yang menampilkan busana berbagai daerah meraih penghargaan Le Meilleur Costume de Group Invitee atau Kostum Terbaik untuk Kelompok Tamu atas partisipasi Indonesia pada Carnaval Tropical de Paris 2013 yang diadakan di Paris, Prancis.

Carnaval Tropical de Paris 2013 diikuti lebih dari 4.000 peserta dihadiri lebih dari 200 ribu penonton yang datang dari berbagai daerah di Perancis, demikian Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Paris Agus Badrul Jamal, Rabu (10/7) malam.

Pada Carnaval Tropical de Paris 2013, KBRI Paris mengundang tim kesenian Citra Kembara dari Padang, Sumatera Barat pimpinan Ibu Hj. Fauriza yang menampilkan kesenian Tabuik dan Tari Payung.

Tim Karnaval Indonesia pada tahun 2013, secara khusus memperkenalkan kesenian Tabuik dengan delapan orang artis kepada masyarakat Perancis.

Selain tim kesenian Citra Kembara, tim karnaval Indonesia yang berjumlah 80 orang didukung tim pencak silat asuhan Alit Suhana, Asosiasi Sekar Jagat Indonesia pimpinan Putu Anggawati dan Pelajar Indonesia Indonesia (PPI) serta warga masyarakat Indonesia di Perancis.

Karnaval dimulai dari Place de La Nation di Paris 11 dan menyusuri jalan-jalan utama di daerah Paris 11 seperti Boulevard Voltaire, Rue de La Roquette, Avenue Philippe-Auguste dan berakhir di Place de La Nation.

Di sepanjang jalan rute karnaval, tim dari berbagai daerah di Prancis dan negara-negara undangan, menampilkan atraksi secara bergiliran, khususnya di pusat keramaian.

Di hadapan ribuan penonton, tim karnaval Indonesia mempersembahkan tari Payung diiringi tetabuhan gendang tabuik, dan pada saat yang bersamaan tabuik besar dan kecil terlihat menari-nari di atas pundak para pelajar Indonesia.

Di barisan berikutnya, dipertunjukkan jurus-jurus pencak silat diselingi peragaan jurus-jurus silat dalam pertarungan yang disambut kagum dan tepuk tangan meriah para penonton.

Pada barisan berikutnya, tim Sekar Jagat Indonesia sebanyak 30 orang melenggang dengan membawa pajegan di atas kepala.

Atraksi bertambah semarak dengan irama beleganjur dari warga masyarakat Indonesia yang berdomisili Belanda, Belgia dan Jerman yang datang khusus meramaikan tim karnaval Indonesia.

Pada Carnaval Tropical de Paris 2013, tim Karnaval Indonesia mendapat dukungan Duta Besar RI Paris, Rezlan Ishar Jenie dan Ny Rally Jenie yang ikut terjun berjalan sepanjang lebih dari 4,5 km bersama-sama peserta karnaval. (Antara)

Editor: Marissa Saraswati

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR