facebook twitter rss

CAPRES 2014: Jokowi & Jusuf Kalla Pasangan Ideal

Newswire Kamis, 29/08/2013 17:52 WIB
Jusuf Kalla dan Jokowi/Antara
Antara
Jusuf Kalla dan Jokowi

Kabar24.com, JAKARTA— Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah duet ideal, sehingga berpeluang meraup banyak suara pada Pemilihan Presiden 2014.

"Popularitas Jokowi hingga hari ini begitu tinggi, temasuk di luar Jawa. Kalau dipasangkan dengan Jusuf Kalla, keduanya merupakan pasangan yang merepresentasikan kaum nasionalis dan Islam karena Kalla itu orang NU (Nahdlatul Ulama) meski beliau kader Golkar," kata pengamat politik Joko J Prihatmoko di Semarang, Kamis (29/8).

Dosen FISIP Universitas Wahid Hasyim Semarang tersebut menuturkan bahwa duet itu juga mencerminkan representasi Jawa-luar Jawa. Kalla, menurut dia, merupakan sosok yang berpengalaman panjang sebagai pebisnis sekaligus sukses melakukan terobosan ekonomi semasa menjadi wapres.

"Dukungan dari grassroot (masyarakat bawah) kepada Jokowi sangat kuat. Kesederhanaan dia dalam memecahkan masalah yang rumit telah membentuk dirinya sebagai sosok berkarisma. Namun, untuk mengelola negeri sebesar Indonesia dibutuhkan pendamping yang berpengalaman dan punya kemampuan mengelola perekonomian. Jusuf Kalla memiliki kapasitas ini," kata Joko.

Menurut dia, latar belakang ideologi seorang calon tetap penting karena realitas politik tersebut tidak bisa dinafikan ketika meracik pasangan capres dan cawapres di negeri multikultural seperti Indonesia.

Menurut dia, sosok Jokowi menjadi model yang ideal dalam training ground politik karena dia merintis dari bawah, mulai dari kader partai, terus menjadi wali kota, menang dalam Pilgub DKI Jakarta dan mencatat sejumlah sukses di Ibu Kota Jakarta, kemudian memiliki peluang besar untuk menjadi orang nomor satu di negeri ini bila kelak memang maju dalam Pilpres 2014. (Antara)

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR