facebook twitter rss

QUICK COUNT PILGUB ULANG SUMSEL: Menang, Herman Deru Belum Tentu Gubernur Sumsel

Saeno Rabu, 04/09/2013 17:23 WIB
Ilustrasi/Antara
Antara
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA – Kemenangan pasangan Herman Deru-Maphilinda, Derma, pada pilgub ulang belum tentu mengantar keduanya menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.

Tingkat kehadiran masyarakat yang mencoblos di TPS pada pilgub ulang di 4 kota/kabupaten Sumsel dan satu kecamatan menjadi penentu keberhasilan atau sebaliknya gagalnya pasangan Herman Deru-Maphilinda Boer memimpin provinsi beribu kota Palembang ini.

Vote turn out atau tingkatpartisipasi pemilih inilah, menurut Direktur Riset Lingkaran Survei Indonesia Arman Salam menjadi faktor seberapa besar pengaruh kemenangan pasangan Derma di pilgub ulang bisa membawa mereka memimpin Sumatera Selatan.

Pada pemilihan terdahulu, sebut saja sebagai gampangnya pada putaran pertama, 6 Juni 2013, yang dihitung adalah 11 kabupaten. Empat 4 kabupaten/kota dihilangkan. “Yang fiks ketok palu MK, Alex Ishak menang 337.000 suara,” ujar Arman.

Ditambahkannya, untuk pemilihan pada Rabu, 4 September, para cagub-cawagub berebut mendapatkan 2 juta lebih suara dari 4 kabupaten/kota dan 1 kecamatan yang menyelenggarakan pilgub ulang.

“Jika katakanlan kemenangan 54 persen pasangan Herman Deru-Maphilinda tercapai karena partisipasi pemilih yang rendah, maka secara total pasangan Alex-Ishak tetap yang akan terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan,” ujar Arman memberi ilustrasi.

Ia mengingatkan, dengan mengantungi keunggulan 337 ribu suara dari pilkada pertama, pasangan Alex-Ishak baru bisa dikalahkan pasangan Herman Deru-Maphilinda jika tingkat partisipasi pemilih berada di atas 70 persen total pemilik suara.

Jika tingkat partisipasi hanya 50 persen dari total pemilih, maka Herman Deru-Maphilinda harus menerima kenyataan kalah dalam Pilgub Sumsel 2013.

Arman menyebutkan, kemungkinan itu bisa dihitung dari jumlah perolehan dukungan dikali tingkat partisipasi pemilih dikalikan total pemilik suara di wilayah yang menyelenggarakan pilgub ulang cagub Sumsel.

Hingga total sampel mencapai 93,67 persen, pasangan nomor urut 4, Herman Deru-Maphilinda Boer, Derma, mendapat dukungan terbanyak 54,56 persen pada Pilgub ulang Sumatera Selatan, Rabu (4/9) versi quick Count Lingkaran Survei Indonesia.

Sementara, pasangan Alex-Ishak mengumpulkan 34,12 persen, selanjutnya Eddy-Anisja 7,61 dan pasangan Iskandar-Hafisz 3, 71 persen suara.

Sebanyak 2.019.181 pemilih diperebutkan oleh 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Selatan dalam pemungutan suara ulang pada Rabu (4/9).

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Sumsel atas pilgub 6 Juni 2013, pasangan Alex-Ishak memperoleh suara tertinggi yakni 37,38 persen, disusul Herman-Mahpilinda 33,46 persen, Eddy-Anisja 18,5 persen, dan Iskandar- Hafisz 10,64 persen.

Namun, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi pada 11 Juli 2013, KPU Provinsi Sumsel diperintahkan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di seluruh tempat pemungutan suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

MK juga membatalkan Keputusan KPU Sumsel tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel tahun 2013 pada 13 Juni 2013. (Kabar24.com)

Editor: Saeno

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR