facebook twitter rss

PENERIMAAN CPNS 2013: Daftar Online Di KKP www.ropeg.kkp.go.id 5 -19 September

Eries Adlin Jum'at, 06/09/2013 12:59 WIB
Ilustrasi/Jibiphoto
Jibiphoto
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Penerimaan CPNS 2013 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai dibuka. Silakan kamu klik www.ropeg.kkp.go.id dan daftar online 5 sampai 19 September.

Pengumuman penerimaan CPNS 2013 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di www.ropeg.kkp.go.id pada 9 – 19 September dinyatakan lewat Pengumuman Nomor B.89/SJ.2/KP.310/IX/2013 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013.

Berikut ini penjelasan tentang pendaftaran, seleksi, ujian penerimaan CPNS 2013 di KKP yang dilansir  www.ropeg.kkp.go.id:

TAHAPAN PENGADAAN CPNS

1. Pengumuman pengadaan CPNS dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 19 September 2013 dan Pendaftaran lamaran secara online di www.ropeg.kkp.go.id dengan mengakses menu PENGADAAN CPNS KKP TAHUN 2013.

2. Pengumuman lulus seleksi administrasi direncanakan pada tanggal 6 Oktober 2013 melalui website www.ropeg.kkp.go.id;3. Pengesahan Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2013, dan Registrasi Ulang:

a. Lokasi ujian Jakarta direncanakan pada tanggal 8 Oktober 2013 di Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta;

b. Lokasi selain Jakarta direncanakan pada tanggal 22 Oktober 2013 di lokasi ujian sesuai pilihan pelamar sebagaimana tertera pada huruf F;

4. Pelaksanaan ujian Tes Kompetensi Dasar akan ditentukan kemudian di lokasi yang ditentukan mulai pukul 08.00 waktu setempat;

5. Pengumuman hasil ujian Tes Kompetensi Dasar akan ditentukan kemudian melalui website www.ropeg.kkp.go.id;

6. Pelaksanaan ujian Tes Kompetensi Bidang, Psikotest dan Wawancara bagi peserta yang dinyatakan lulus ujian Tes Kompetensi Dasar akan ditentukan kemudian;

7. Pengumuman hasil akhir pengadaan CPNS Tahun 2013 akan ditentukan kemudian;

8. Pemberkasan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 akan ditentukan kemudian.

MATERI UJIAN

1. Materi Ujian Tertulis terdiri atas :

1) Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Materi TKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Tes tersebut dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi antara lain wawasan nasional, regional, dan internasional, maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

2) Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan tentang substansi umum bidang Kelautan dan Perikanan.

2. Psikotest dan Wawancara

Dimaksudkan untuk mengetahui bakat, minat, motivasi, kepribadian, dedikasi serta ketahanan dalam bekerja.

F. TEMPAT PELAKSANAAN UJIAN TKD

1. Ujian TKD dilaksanakan wilayah Jakarta mulai tanggal 9 – 13 Oktober dan 16 – 20 Oktober 2013, yaitu :

SEKOLAH TINGGI PERIKANAN

Jl. AUP Pasar Minggu Jakarta Selatan.

2. Ujian TKD dilaksanakan wilayah Daerah mulai tanggal 23 – 30 Oktober 2013, yaitu

a. BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERIKANAN BELAWAN

Jl. Khaidir, Kel. Nelayan Indah, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara

b. BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERIKANAN TEGAL

Jl. Martoloyo PO BOX 22 Tegal 52124, Jawa Tengah.

c. AKADEMI PERIKANAN SIDOARJO

Jl. Raya Buncitan Kotak Pos I, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur

d. AKADEMI PERIKANAN BITUNG

Jl. Tandurusa PO Box 12, Bitung, Sulawesi Utara.

e. BALAI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PESISIR DAN LAUT MAKASSAR

JL.Bunga Eja 18 Makassar, Sulawesi Selatan.G. LAIN-LAIN

1. Pelaksanaan Pengadaan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan TIDAK DIPUNGUT BIAYA;

2. Berkas lamaran menjadi milik Kementerian Kelautan dan Perikanan;

3. Informasi resmi yang terkait dengan pengadaan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013hanya dapat dilihat melalui situs resmi Biro Kepegawaian Kementerian Kelautan dan Perikanan: www.ropeg.kkp.go.id.;

4. Keputusan hasil seleksi Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 bersifat final dan TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT.

5. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi dan telah ditetapkan sebagai CPNS, tetapi mengundurkan diri, diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Negara yang besarannya akan diumumkan kemudian.

6. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar atau palsu, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan/data yang tidak benar atau palsu tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana kepada pihak yang berwajib.

Jadi, kamu yang mau ikut seleksi penerimaan CPNS 2013 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) silakan akses  www.ropeg.kkp.go.id dan segera daftar online.  Waktunya cuma 5 sampai 19 September. (Kabar24.com)

Editor: Eries Adlin

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR