facebook twitter rss

TABRAKAN MAUT JAGORAWI: Maia Estianty Terancam Kehilangan Hak Asuh

Newswire Senin, 09/09/2013 06:50 WIB
Polisi melakukan olah TKP tabrakan maut Jagorawi, Minggu (8/9) yang melibatkan anak bungsu musisi Ahmad Dani, Abdul Qodir Jaelani alias Dul./Antara-Widodo S. Jusuf
Antara/Widodo S. Jusuf
Polisi melakukan olah TKP tabrakan maut Jagorawi, Minggu (8/9) yang melibatkan anak bungsu musisi Ahmad Dani, Abdul Qodir Jaelani alias Dul.

Kabar24.com, JAKARTA - Akibat tabrakan maut di tol Jagorawi, Minggu (8/9) dini hari, Maia Estianty mungkin akan kehilangan hak asuhnya atas Dul yang terlibat dalam kecelakaan yang merenggut 6 nyawa, dan melukasi 9 orang termasuk dirinya sendiri itu.

Ahli psikologi anak, Seto Mulyadi menyebutkan hak asuh orang tua Abdul Qodir Jaelani bisa saja dicabut, menyusul kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur itu Minggu dini hari kemarin.

"Keduanya harus ikut tanggung jawab, anak maupun orang tua," kata Seto di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu.

Namun tanggung jawab yang dibebankan kepada anak di bawah umur lebih merupakan restorative justice, sebaliknya, orang tua harus menunjukkan kemampuannya dalam memasuki kehidupan sang anak dan berperan dalam kehidupan anak.

"Dalam undang-undang, kalau tidak mampu, kuasa asuh bisa dicabut," kata Seto.

Lebih lanjut Seto menjelaskan bahwa selama ini hak asuh ada di tangan Maia, hanya saja ketiga anak mereka, Al, El dan Dul lebih sering bersama dengan Ahmad Dhani.

"Kalau ada masalah seperti ini, harus ditegaskan lagi siapa yang berwenang mendapatkan hak asuh," katanya.

Seto menyebutkan seharusnya Dhani bisa lebih mengawasi dan mengontrol sang anak, namun lingkungan juga ikut memengaruhi. Seto meminta pihak berwajib melakukan sosialisasi perihal anak di bawah umur yang membawa kendaraan.

"Anak di bawah umur itu mudah meledak dan tidak stabil," katanya.

Dul terlibat kecelakaan beruntun dengan tiga kendaraan lainnya yang menyebabkan enam nyawa melayang dan sembilan orang dilarikan ke rumah sakit. (Antara)

Editor: Saeno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR