facebook twitter rss

PILGUB RIAU: KPU Menangkan Pasangan Herman-Agus

Newswire Jum'at, 13/09/2013 14:27 WIB
Ilustrasi/Antara
Antara
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU - Pasangan Herman Abdullah dan Agus Widayat dinyatakan menjadi peraih suara terbanyak pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau 2013-2018.

Rapat pleno dan rekapitulasi suara Pilgub Riau yang dilaksanakan di Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru memenangkan Herman Abdullah-Agus Widayat  dengan raihan suara jauh meninggalkan pesaing terdekatnya.

Herman Abdullah-Agus Widayat berada di posisi teratas dengan perolehan jumlah suara 148.825. Sedangkan urutan kedua diduduki pasangan nomor lima Jon Erizal-HR Mambang Mit dengan jumlah 53.018 suara.

Pasangan nomor urut 2, Annas Maamum-Andi Rachman menempati posisi ketiga dengan total perolehan suara 41.570.

Kemudian disusul oleh pasangan cagub-cawagub Achmad-Masrul Kasmy yang mendapatkan 36.010 suara.

Lukman Edy - Suryadi berada di posisi terakhir yang berjumlah 29.333 suara.

Secara persentase Herman Abdullah - Agus Widayat unggul 4o persen lebih. Pasangan ini menang di semua kecamatan yang ada di Pekanbaru.

Tidak ada saksi dari masing-masing pasangan calon yang berkeberatan dengan hasil ini.

Kecamatan tersebut adalah Sukajadi, Lima Puluh, Payung Sekaki, Tenayan Raya, Senapelan, Rumbai Pesisir, Rumbai, Marpoyan Damai, Bukit Raya, Tampan, Sail, dan Pekanbaru Kota.

Kecamatan Tampan menjadi penyumbang terbanyak, di mana pasangan Herman Abdullah - Agus Hidayat mendapatkan 24.515 suara dengan total suara yang sah sebanyak 48.433 suara.

Kecamatan penyumbang terkecil adalah Kecamatan Sail dengan perolehan hanya 3.527 dari total suara sah 8.271. Akan tetapi secara persentase Herman Abdullah - Agus Widayat tetap menang 40 persen lebih.

"Kalau masalah jumlah perolehan suara kami tidak keberatan, namun ada masalah-masalah teknis administrasi yang kurang sesuai," kata Hamdani saksi pengusung calon Jon Erizal - HR Mambang Mit di Pekanbaru, Jumat (13/9).

Pilgub Riau diikuti 5 pasangan yaitu:

  • Pasangan nomor urut 1 Herman Abdullah-Agus Widayat atau HA
  • Pasangan nomor urut 2 Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman atau Aman
  • Pasangan nomor urut 3 Lukman Edy-Suryadi Khusasini atau Lurus
  • Pasangan nomor urut 4 Achmad-Masrul Kasmy atau Beramal
  • Pasangan nomor urut 5 Jon Erizal-Mambang Mit

Sebelumnya berdasar bocoran perhitungan dari Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kesbangpolinmas, Riau pasangan Aman sempat unggul sementara. (Antara)

Editor: Saeno

KOMENTAR